Fungsi Timah Balance Pada Velg


Sobat Dukun Ban semuanya, tentu sobat pernah melihat logam timah yang ditempel atau diletakan pada bagian pinggir velg, benda tersebut dinamakan timah balance yang berfungsi sebagai penyeimbang agar velg dapat beputar dengan maksimal dan mengurangi getaran.

Timah balanced biasa kita temukan pada velg-velg mobil, namun sekarang banyak velg sepeda motor yang juga menggunakan timah balanced, khusunya sepeda motor dengan kapasitas mesin besar, atau dibutuhkan untuk kecepatan tinggi.


Memang sih timah balanced kelihatannya seperti barang sepele, bahkan mungkin banyak pengguna kendaran yang belum mengetahui fungsi dari benda tersebut, sehingga sering disepelekan, padahal sebenarnya memiliki fungsi penting dan besar pengaruhnya terhadap kenyamanan dalam berkendara.

Perlu sobat ketahui bahwa velg kendaraan seteleh dicetak dan didinginkan terkadang ada salah satu sisi atau bagian yang lebih berat dari pada bagian yang lain, meskipun prosentasenya sangat kecil namun sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara apalagi jika berkedara dengan kecepatan tinggi.

Maka dari itu terkadang pada velg kendaraan baik itu mobil atau sepeda motor dengan kapasitas mesin besar perlu diberikan timah balance agar berat velg menjadi seimbang. Mengapa berat velg harus seimbang, hal ini dikareanakan pada saat ban berputar dengan kecepatang tinggi akan terjadi gaya sentrifugal ( Gaya Semu ) yang merata. 

Jika ada salah satu sisi yang beratnya tidak sama dengan bagian yang lain, maka gaya sentrifugal akan cenderung kearah titik yang lebih berat, sehingga akan menimbulkan getaran yang dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara dan mengganggu handling yang dapat menyebabkan tangan menjadi cepat lelah.

Selain itu berat velg yang tidak seimbang bisa menyebabkan umur komponen suspensi pada mobil seperti ball joint, shockbreaker, tire road dan lain-lain menjadi lebih lebih pendek dari pada seharusnya dikarenakan adanya getaran tersebut, ditambah lagi hal tersebut juga dapat menyebabkan ban habis secara tidak merata.

Ada tiga jenis atau model timah balance yang biasa digunakan pada velg kendaraan, yang pertama yaitu timah balance model tempel khusus dipasang pada velg racing, kedua timah balance model getok khusus velg standar bawaan pabrik, dan yang ketiga timah balance model getok khusus velg berbahan besi.


Hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pengguna kendaraan bila mendapati ada timah balance pada velg kendaraan anda, janganlah merubah-rubah posisinya, karena jelas hal tersebut akan sangat berpengaruh, selain itu perlu juga dilakukan balancing pada velg secara rutin terutama untuk mobil paling tidak setiap 10.000 km sekali.

Untuk melakukan balancing sobat tinggal membawa kendaraan anda ke bengkel-bengkel yang khsusus menangani masalah balancing, sedangkan untuk sepeda motor karena bengkel balancing khusus sepeda motor masih jarang, maka anda bisa membawanya ke bengkel balancing mobil.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini mengenai fungsi timah balance pada velg, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Fungsi Timah Balance Pada Velg"

  1. Sungguh lengkap sekali pembahasan tentang fungsi timah balance pada velg ini. jujur sebelumnya saya tidak tahu lhoo fungsinya buat apa soalnya saya rasa di sekolah belum pernah di ajarin deh kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsinya sangat penting mas, dimana velg yang ada timah balancenya pasti kalo velg tersebut beratnya tidak seimbang sehingga ditambah timah balance untu menyeimbangkan beratnya

      Delete
  2. Iya betul mas sering dianggap sepele soalnya saya juga termasuk orang yang tidak terlalu memperhatikan hal kecil seperti timah balace ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. meskipun terlihat sepele namun ternyata memiliki fungsi yang sangat penting

      Delete
  3. Keren banget nih, fungsi timah balance, baru tahu saya...
    Dan ternyata pada velg motor juga bisa di aplikasikan ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas terutama pada velg racing untuk sepeda motor

      Delete
  4. baru tahu aku,padahal kemarin karin aku sengaja lepas karna menganggu penampilan mobil gue.heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. timah balance sangat bermanfaat mas kalo lepas sebaiknya dipasang lagi

      Delete
  5. Makasih bgt infonya mas bro, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Dari 4 ban. Cuma 1 yg pakai itu ngaoa gitu ya?

    ReplyDelete
  7. Jika membeli Velg bekas, apakah timah yang sudah ada sebelumnya boleh di cabut atau dibersihkan sebelum melakukan bancing kembali ?

    ReplyDelete