Alat-Alat Sederhana Tapi Sangat Bermanfaat Dalam Tambal Ban


Pada postingan terdahulu pernah saya bahas mengenai beberapa peralatan atau perlengkapan untuk memulai dan menjalankan usaha tambal ban, seperti kompresor, alat pres, bak perimbang, kunci-kunci, sendok ban dan lain-lain, dimana alat-alat tersebut merupakan peralatan pokok yang harus ada untuk kelangsungan usaha bengkel tambal ban.
 
Mengenai beberapa peralatan yang saya sebutkan diatas, saya sangat yakin kalo sebagian besar dari anda sudah mengetahuinya, biarpun sobat bukanlah tukang tambal ban seperti saya, namun paling tidak sobat pernah melihat peralatan tersebut dibengkel-bengkel tambal ban pada umunya.


Memang sih dengan beberapa peralatan yang sudah saya sebutkan tadi, kita sudah bisa memulai dan menjalankan usaha bengkel tambal ban, namun untuk mendukung usaha yang kita kerjakan, sekaligus memberikan pelayanan yang baik dan memuasakan bagi pelanggan ada beberapa peralatan lain yang juga harus disediakan.
 
Meskipun peralatan tersebut merupakan alat-alat sederhana yang ada disekitar kita, bahkan bisa dibilang kalo sebenarnya alat-alat tersebut bukanlah peralatan dalam bidang perbengkelan khususnya bengkel tambal ban, namun ternyata sangat berguna dan memberikan manfaat yang sebesar.
 
Untuk menyingkat waktu, beberapa peralatan sederhana yang sering saya gunakan dalam melakukan pekerjaan menambal adalah sebagai berikut.
 
1. Jarum Dan Benang
 
Dalam menekuni pekerjaan saya sebagai tukang tambal ban, sudah banyak saya jumpai ban bocor dengan berbagai macam kondisi, ada ban yang bocornya kecil, tapi sering juga saya jumpai ban yang bocornya besar bahkan sobek sampai beberapa centimeter.
 
Saat menemukan ban yang bocornya besar atau sobek seperti ini, biasanya saya menggunakan benang dan jarum untuk menjahit ban tersebut sebelum ditambal, dimana dengan dijahit seperti itu maka bagian yang sobek tadi bisa lebih rapat dan lebih kuat, sehingga tambalannya tidak mudah jebol.
 
2. Jarum Dan Benang Sepatu
 
Sama halnya dengan benang dan jarum diatas, benang dan jarum sepatu juga berfungsi untuk menjahit ban, cuma bedanya yang dijahit menggunakan benang dan jarum sepatu adalah ban luar.
 
Saya menggunakan benang dan jarum sepatu untuk menjahit ban luar apabila ban tersebut berlubang atau sobek dibagian sampingnya, dimana ban luar yang sobek dibagian sampingnya dengan dijahit menggunakan benang dan jarum sepatu menjadi rapat kembali, sehingga lubang tadi tidak mengenai ban dalamnya.
 
Selain itu benang sepatu juga memiliki kegunaan lain yaitu untuk mengikat pentil pada ban mobil, apabila ban tersebut bocor dibagian pentilnya, dan juga bisa digunakan untuk mengikat selang pada rangkaian klakson angin, dimana benang sepatu terbukti lebih kuat untuk mengikat selang dari pada klem atau kawat.

3. Sambungan Pentil

Perlu sobat ketahui bahwa pentil pada ban truck ada dua macam, ada yang panjang dan ada yang pendek, fungsi dari sambungan pentil ini adalah untuk memperpanjang dan mempermudah saat menambah atau mengontrol tekanan angin pada ban belakang truck yang posisinya didalam, apabila pentilnya pendek.

4. Patar
 
Patar atau kikir besar dan kasar adalah alat yang biasa digunakan oleh tukang kayu yang terbuat dari baja yang dikeraskan, pada dasarnya patar berfungsi untuk memperhalus atau memperlicin kayu.
 
Dalam tambal ban fungsi patar yaitu mengerok atau membersihkan ban yang akan ditambal sebelum diberi lem dan ditempeli karet kompon, sebenarnya untuk mengerok atau membersihkan ban bisa menggunakan gergaji besi.

Tapi dari pengalaman saya selama menjadi tukang tambalkan mengerok ban menggunakan patar hasilnya paling bagus jika dibendingkan dengan menggunakan gergaji besi atau alat yang lainnya.
 
5. Tutup Botol Plastik
 
Fungsi dan kegunaan tutup botol plastik dalam tambal ban sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, jadi saya kira sobat semua sudah banyak yang mengetahui fungsi dari tutup botol plastik dalam tambal ban, yaitu untuk mengurangi resiko lecet, tergores atau rusak saat membuka ban mobil yang menggunakan velg racing.
 
Meskipun benda ini sebenarnya barang bekas dan bukan alat, tapi dalam menambal ban bisa digunakan sebagai alat bantu yang sangat besar manfaatnya.
 
Demikianlah pembahasan saya pada kesempatan kali ini mengenai beberapa alat sederhana yang biasa saya gunakan dalam melakukan pekerjaan menambal ban, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Alat-Alat Sederhana Tapi Sangat Bermanfaat Dalam Tambal Ban"

  1. Tidak saya duga ternyata kalau menambal ban di dukun ban ini sangat ulet dan telaten, kalau disini biasanya jika ada ban yang sobek beberapa centimeter harus d ganti kang dan yang paling penting menurut saya adalah tutup botol plastik biarpun barang yang biasa tapi manfaat nya luar biasa untuk menghindari resiko goresan, hampir semua tukang tambal ban di daerah saya tidak menggunakan tutup botol plastik dan hasilnya pelk jadi lecet dan konsumen pun kecewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas tutup botol plastik memang barang paling sederhana, tidak perlu beli tapi sangat bermanfaat

      Delete
  2. Kalau alat alat diatas saya belum pernah lihat mas soalnya tambal bannya hanya pakai alat yang biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya alat-alat tersebut adalah alat-alat sederhana yang ada disekitar kita mas

      Delete