Mengenal Fungsi Ban Pada Kendaraan


Ban merupkan salah satu komponen penting yang harus ada pada setiap kendaraan entah itu sepeda motor ataupun mobil. Sebab jika sebuah kendaraan tidak ada bannya, maka jelas kendaraan tersebut tidak akan bisa bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Lalu apakah fungsi ban hanya itu saja ...? Yaitu agar kendaraan bisa melaju dan bergerak diatas permukaan jalan sehingga dapat berpindah tempat.

Memang sih fungsi ban yang diketahui oleh kebanyakan orang adalah seperti yang saya sebutkan diatas, namun perlu sobat ketahui bahwa selain hal tersebut ternyata masih banyak fungsi ban pada kendaraan.


Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi dan mengajak sobat Dukun Ban semuanya untuk mengenal fungsi ban selain agar kendaraan bisa bergerak dan berpindah tempat.

Untuk menyingkat waktu, maka langsung saja berikut ini beberapa fungsi ban pada kendaraan yang belum banyak diketahui
 
1. Menahan Beban
 
Yang pertama fungsi ban pada kendaraan adalah untuk menahan beban yang berasal dari berat kendaraan dan muatan yang dibawanya, seperti kita ketahui bahwa komponen kendaraan yang posisinya berada paling bawah dan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan adalah ban, maka secara otomatis ban akan menjadi penopang dan menahan komponen atau muatan yang ada diatasnya.

Hal yang berhungan erat dengan fungsi ban sebagai penahan beban adalah tekanan angin, maka dari itu untuk mendapatkan kinerja ban yang maksimal, selalu perhatikan tekanan anginnya dan sesuaikan dengan berat beban atau muatan yang dibawa.

2. Meredam Guncangan
 
Sebelum guncangan atau getaran yang diterima dari jalan diredam oleh suspensi, terlebih dulu guncangan tersebut diredam oleh ban baru kemudian akan diredam lagi oleh suspensi, sehingga terasa lebih nyaman saat berkendara.

Untuk jenis ban yang paling baik dalam meredam guncangan yang diterima dari jalanan adalah ban dengan jenis radial, karena ban tipe radial  ini memiliki dinding samping yang lebih lentur dari pada ban ti bias.

3. Meneruskan Tenaga Dari Mesin
 
Fungsi utama ban pada kendaraan adalah meneruskan tenaga atau gaya yang dihasilkan oleh mesin pada permukaan jalan, sehingga kendaraan bisa melaju dan bergerak diatas permukaan jalan. Dalam hal ini yang memegang peranan penting adalah pattern dan kembangan atau motif pada permukaan ban.

Maka dari itu untuk mendapatkan kinerja ban yang lebih maksimal serta dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan dalam berkendaraa, pilihlah jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan dan medan jalan yang sering dilalui.

4. Sebagai Pengendali Arah 

Sobat tentu bisa membedakan saat berkendara menggunakan kendaraan dengan kondisi ban sudah gundul dan kendaraan dengan kondisi ban yang masih bagus, kira kira lebih nyaman yang mana. Jawbannya jelas terasa lebih nyaman saat bekendara menggunakan kendaraan dengan kondisi ban yang masih bagus.

Nah hal ini erat kaitannya dengan fungsi ban sebagai pengendali arah, karena kondisi ban yang bagus, dan pemilihan jenis ban yang tepat akan menentukan kemampuan kendaraan dalam bermanuver serta kestabilan dalam berkendara.

Maka dari itu sobat Dukun Ban semuanya, agar ban bisa berfungsi dengan baik dan mendapatkan kinerja ban secara maskimal, rajin-rajinlah mengecek dan mengontrol bagaimana kondisi ban kendaraan anda, apakah tekanan anginnya sudah sesuai atau tidak, apakah kondisinya masih layak apakai atau tidak dan lain sebagainya.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit pembahasan mengenai fungsi ban yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Mengenal Fungsi Ban Pada Kendaraan"

  1. ban sangat besar peran dan fungsinya maka dari itu ban selalu ada di setiap kendaraan.. nah yang terpenting ban juga mampu meredam guncangan dan menahan beban kendaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, dengan adanya ban kendaran bisa bergerak dan digunkan sebagai sarana transportasi

      Delete
  2. Dengan adanya Ban,, tentunya kendarann bisa berjalan dengan baik,,

    ReplyDelete
  3. Artikel diatas sudah jelas sekali menerangkan tentang fungsi ban pada kendaraan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan mengetahui fungsi ban paling tidak kita bisa melakukan perawatan dengan baik, agar mendapatkan kinerja yang maksimal serta memberikan rasa aman dan kenyamanan saat berkendara

      Delete
  4. mengingat arti pentingnya ban sewajarnya pemilik kendaraan memelihara kondisi ban

    ReplyDelete
  5. Fungsi dari ban memang sangat penting mas kedua setelah mesin karena kalau tidak ada mesin dan ban tidak akan maju dong kendaraannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups betul sekali mas, kalo bannya rusak maka kendaraan tidak bisa digerakan, sedangkan kalo mesinnya yang rusak kendaraan masih bisa didorong atau ditari dengan kendaraan yang lain

      Delete