Fungsi Oli Pada Mesin Yang Jarang Diketahui


Sobat Dukun Ban dimanapun anda berada, sebagai pengguna kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil, salah satu perawatan yang harus dilakukan, agar mesin kendaraan selalu prima dan dapat bekerja dengan maksimal, yaitu melakukan penggantian oli mesin secara rutin dan berkala.

" Mengapa harus dilakukan penggantian oli mesin secara rutin dan berkala ...? "

Perlu sobat ketahui, semakin lama oli digunakan pada mesin kendaraan, maka lama kelamaan oli tersebut akan menjadi semakin encer dan akan berkurang dengan sendirinya, sehingga untuk jangka panjang akan berdampak kurang baik pada mesin.


" Lalu apa saja fungsi oli pada mesin kendaraan ...? "

Kebanyakan orang mengetahui fungsi oli hanya sebagai pelumas, dan sebenarnya hal tersebut memang tidak salah, karena secara umun fungsi oli pada mesin adalah untuk melumasi mesin agar tidak cepat aus.

Tapi apakah fungsi oli hanya sebagai pelumas saja ...? Tentu saja tidak, karena selain sebagai pelumas, masih banyak lagi fungsi oli pada mesin kendaraan, yang belum banyak diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berfungsi Untuk Mengurangi Gesekan

Saat mesin kendaraan bekerja untuk menghasilkan tenaga, maka saat itu otomatis terjadi gesekan antar komponen didalam mesin, dimana akibat gesekan tersebut, lama kelamaan akan menyebabkan komponen-komponen didalam mesin menjadi aus, sehingga mengurangi kinerja mesin dan tenaga yang dihasilkan.

Untuk mengurangi dampak akibat gesekan antar komponen didalam mesin, maka pada setiap mesin kendaran perlu diberi oli yang berfungsi untuk melapisi komponen-komponen didalam mesin, agar tidak cepat aus.
 
2. Berfungsi Sebagai Pendingin

Saat terjadi pembakaran untuk menghasilkan tenaga, suhu pada ruang pembakaran bisa mencapai 1000-1600 derajat celsius, disinilah fungsi oli sebagai pendingin, dimana oli berfungsi sebagai fluida untuk memindahkan panas dari ruang pembakaran atau silinder, kebagian mesin yang lebih dingin. Selain itu oli juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan akibat gesekan antar komponen didalam mesin.

3. Berfungsi Sebagai Perapat ( Sealing Effect )

Pada mesin kendaraan oli juga berfungsi sebagai sealing effect atau perapat celah-celah antara piston dengan silinder, dalam hal ini oli dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran, dimana oli akan membuat lapisan yang mengisi celah antara piston dengan silinder.

4. Berfungsi Sebagai Peredam

Selain berfungsi untuk melapisi komponen-komponen didalam mesin, agar tidak mudah menjadi aus saat terjadi gesekan, oli juga berfungsi untuk meredam suara yang dihasilkan akibat dari gesekan antar komponen didalam mesin, sehingga suara mesin menjadi lebih halus dan tidak kasar.

5. Berfungsi Sebagai Pembersih

Oli juga berfungsi sebagai pembersih, yang mana oli akan membawa dan memindahkan kotoran, yang dihasilkan akibat gesekan antar komponen didalam mesin, sehingga bagian yang bergesekan akan tetap bersih.

6. Berfungsi Sebagai Anti Karat ( Rush Inhibiting )

Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga mempunyai sifat anti karat, dimana tidak menutup kemungkinan komponen-komponen didalam mesin yang berbahan dasar logam akan berkarat, yang mana jelas karat tersebut nantinya dapat membebani dan mengganggu kinerja mesin.

Maka dalam hai ini diperlukan adanya oli yang memiliki sifat anti karat, untuk mencegah timbulnya karat pada komponen didalam mesin.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai beberapa fungsi oli pada mesin kendaran yang belum banyak diketahui, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuan.


Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Fungsi Oli Pada Mesin Yang Jarang Diketahui"

  1. Kalau saya tidak asing lagi deh kang dengan fungsi oli kaya gini. Namun kadang suka lupa buat apa saja, Nah baca ini untuk mengingat kembali fungsi oli itu untuk apa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya banyak sekali fungsi oli, tapi hanya diketahui sebagai pelumas saja

      Delete
  2. pokoknya kalau pengin awet motornya harus ganti olie secara rutin jangan telat lebih baik merawat dari pada mempeerbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, perawatan dasar yang harus dilakukan oleh pengguna kendaraan adalah melakukan penggantian oli mesin secara rutin dan berkala

      Delete
  3. assalamu'alaikum ...
    mas biasanya penggunaan oli yang teratur harus ganti oli berapa bulan apa karena gimana pemakaianya??

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaikum ...
    mas biasanya penggunaan oli yang teratur harus ganti oli berapa bulan apa karena gimana pemakaianya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengganti oli mesin baiknya dilakukan setiap maksimal 2500 Km sekali

      Delete
  5. Bener sekali mang,, selama ini juga saya berfikir bahwa oli hanya untuk pelumas saja,,, padahal banyak juga fungsinya,,, sehingga oli harus rutin diganti dalam jangka waktu tertentu..

    ReplyDelete
  6. ternyata oli juga berpungsi sebagai pendingin ya. ga pernah kepikir sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, oli berkerja memindahkan panas dari ruang pembakaran ke bagian mesin yang lebih dingin

      Delete
  7. mas ini mah aga jauh dari pembahasan mau nanya kalo tanda ren cakram kampasnya abis kaya apa mas. kerasanya gimana mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pertanyaan mang aduls yang ini, nanti akan saya jawab pada postingan berikutnya mang

      Delete
  8. selama ini yang saya fahami hanya Berfungsi Untuk Mengurangi Gesekan mas....ternyata jika di perhatikan masih banyak fungsi-fungsi lain dari kegunaan oli pada mesin ini.... maksih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, oli memiliki banyak fungsi pada meskin kendaraan, jadi harus diganti secara rutin dan berkala

      Delete
  9. Motor sy pernah kehabisan oli di tengah perjalanan, dan akibatnya motor langsung mati. untuk tidak turun mesin karena langsung saya bawa ke bengkel

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu perlu dilakukan pengecekan secara rutin, paling tidak sebulan sekali harus dikontrol volume olinya, untuk menghindari mesin kehabisan oli

      Delete