Membedakan Mesin Bensin 2 Tak Dan Mesin Bensin 4 Tak


Apa kabar sobat Dukun Ban semuanya ...? Saya berharap agar sobat semuanya selalu dalam keadaan yang baik, sehat dan tidak kekurangan suatu apapun, Amin. Jika pada postingan sebelumnya saya membahas tentang mesin diesel, maka untuk postingan kali ini saya ingin membahas sedikit tentang mesin bensin.

Seperti kita ketahui ada dua jenis mesin bensin yaitu : mesin bensin 2 tak dan mesin bensin 4 tak, dimana kedua jenis mesin bensin tersebut sering digunakan pada sepeda motor, sehingga orang-orang sering mengatakan ada sepeda motor 2 tak , dan ada juga sepeda motor 4 tak.


Selain digunakan pada sepeda motor kedua jenis mesin besin ini juga banyak digunakan pada kompresor ukuran kecil, genset, dan mesin pemotong rumput sebagai motor penggerak. Lalu seperti apakah ciri-ciri atau perbedaan antara mesin bensin 2 tak dan mesin bensin 4 tak ...? Oke langsung saja mari kita bahas bersama-sama.

Mesin Bensin 2 Tak


Untuk membedakan antara mesin bensin 2 tak dan mesin bensin 4 tak, hal tersebut bisa dilihat dari cara kerjanya untuk menghasilkan tenaga, dimana pada mesin bensin 2 tak untuk mendapatkan 1 kali tenaga memerlukan 2 langkah kerja, atau 2 kali gerakan piston yaitu naik dan turun dengan sekali gerakan poros engkol.

Langkah 1: Langkah hisap dan langkah kompresi

Piston bergerak dari Titik Mati Bawah ( TMB ) menuju Titik Mati Atas ( TMA ), campuran bahan bakar ( bahan bakar, udara, dan oli samping ) masuk ke dalam ruang pembakaran dari karburator melalui saluran masuk, kemudian campuran bahan bakar tersebut dikompresikan oleh piston, selanjutnya mendapatkan percikan bunga api yang berasal dari busi.

Langkah 2 : Langkah usaha, langkah pembilasan dan langkah buang

Setelah campuran bahan yang dikompresi oleh piston mendapatkan percikan bunga api dari busi, maka terjadilah ledakan yang menyebabkan piston bergerak kembali dari Titik Mati Atas ( TMA ) menuju Titik Bawah ( TMB ) yang disebut dengan langkah usaha.

Akibat piston bergerak kebawah dari TMA ke TMB, hal tersebut menyebabkan campuran bahan bakar yang ada diruang pembakaran tertekan, sehingga menutup membran yang ada di mulut saluran masuk, Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas, untuk mendorong keluar gas sisa pembakaran, proses ini disebut dengan langkah pembilasan dan langkah buang.

Disamping bisa dilihat dari cara kerjanya, untuk membedakan mesin bensin 2 tak dan mesin bensin 4 tak juga bisa dilihat dari campuran bahan bakar yang digunakan. Dimana untuk mesin bensin 2 tak bahan bakar yang digunakan harus dicampur dengan oli samping, sehingga gas buang yang dihasilkan oleh mesin bensin 2 tak mengeluarkan asap, tidak seperti mesin bensin 4 tak.

Untuk oli samping yang digunakan sebagai campuran bahan bakar pada mesin bensin 2 tak, oli tersebut bisa diberikan langsung dengan dicampur bersamaan bahan bakar kemudian dimasukan ke dalam tangki bahan bakar.

Atau bisa juga diberikan tidak langsung dengan cara menempatkan oli samping tersebut pada tempat khusus untuk oli samping, dimana pada setiap sepeda motor 2 tak pasti ada tempat khusus untuk oli sampingnya, sehingga pencampuran antara bahan bakar dan oli samping terjadi di dalam karburator.

Dan jika dilihat dari segi kontruksinya antara mesin bensi 2 tak dan 4 tak memiliki perbedaan yang sangat signifikan, dimana pada mesin 2 tak kontruksinya lebih sederhana karena tidak menggunakan katup, dan sebagai gantinya pada mesin 2 tak menggunakan membran yang berfungsi untuk mengatur masuknya bahan bakar ke ruang pembakaran. 

Mesin Bensin 4 Tak


Jika pada mesin bensin 2 tak untuk menghasilkan 1 kali tenaga memerlukan 2 langkah kerja, sedangkan pada mesin bensin 4 tak, untuk mengahasilkan 1 kali tenaga memerlukan 4 langkah kerja atau 4 kali gerakan piston dalam 2 kali putaran poros engkol.

Langkah 1 : Langkah hisap ( Intake )

Pada langkah ini piston bergerak dari TMA menuju TMB, dimana pada langkah ini katup masuk terbuka sedangkangkan katu buang tertutup, kemudian campuran bahan bakar dan udara masuk kedalam ruang pembakaran ( Silinder )

Langkah 2 : Langkah kompresi

Pada langkah ini piston bergerak kembali dari TMB menuju TMA, dimana pada langkah ini kedua katup ( masuk dan buang ) semuanya tertutup, kemudian campuran bahan bakar yang berada di dalam ruang pembakaran dikompresikan oleh piston dan selanjutnya mendapatkan percikan bunga api dari busi.

Langkah 3 : Langkah usaha ( Combustion )

Pada langkah ini piston bergerak kembali dari TMA dari TMB akibat ledakan yang ditimbulkan karena bahan bakar mendapatkan percikan bunga api dari busi, pada langkah ini tenaga dihasilkan.

Langkah 4 : Langkah buang ( Exhaust )

Pada langkah ini piston kembali bergerak dari TMB menuju TMA, dimana pada langkah ini katup masuk tertutup dan katup buang terbuka, kemudian gas sisa pembakaran akan didorong keluar dan dibuang melalui knalpot.

Kelebihan Dan Kekurangan


Baik mesin bensin 2 tak maupun mesin bensin 4 tak keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dimana secara garis besar beberapa kelebihan dan kelemahan dari kedua mesin bensin tersebut adalah sebagai berikut :

Kelebihan mesin bensin 2 tak

  1. Respon lebih cepat karena untuk menghasilakan 1 kali tenaga hanya memerlukan 2 langkah kerja dalam satu kali putaran poros engkol.
  2. Kontruksi lebih sederhana, sehingga lebih mudah dalam melakukan perawatan.
  3. Tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar dari pada mesin 4 tak dengan volume mesin yang sama.
  4. Umumnya harga sparepart atau komponen mesin 2 tak lebih murah dari pada mesin 4 tak.

Kekurangan mesin bensin 2 tak

  1. Lebih boros bahan bakar, selain itu juga perlu menggunakan campuran oli samping, sehingga memerlukan biaya tambahan untuk keperluan bahan bakar.
  2. Mesin lebih cepat panas.
  3. Gas buang sisa pembakaran mengeluarkan asap karena menggunakan campuran oli samping, selain itu suaranya lebih bising

Kelebihan mesin besin 4 tak

  1. Lebih hemat bahan bakar
  2. Suara lebih halus dari pada mesin 2 tak
  3. Gas buang sisa pembakaran tidak mengeluarkan asap, sehingga lebih ramah lingkungan
  4. Daya tahan mesin lebih kuat dari pada mesin 2 tak

Kelemahan mesin bensin 4 tak

  1. Respon mesin kurang cepat karena untuk menghasilkan 1 kali tenaga membutuhkan 4 langkah kerja dan memerlukan 2 kali putaran poros engkol.
  2. Kontruksi mesin lebih rumit dan lebih kompleks.
  3. Untuk mendapatkan tenaga yang sama dengan mesin 2 tak, diperlukan volume mesin yang lebih besar.
  4. Biaya perwatan lebih mahal dari pada mesin 2 tak

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan mengenai mesin bensin 2 tak dan mesin bensin 4 tak yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

18 Tanggapan untuk "Membedakan Mesin Bensin 2 Tak Dan Mesin Bensin 4 Tak"

  1. Intinya mesin bensin 4 tak punya banyak kelebihan dibanding mesin yang 2 tak ya mas...? Selain hemat bahan bakar juga suaranya halus. Tapi kenapa masih banyak orang yang pake mesin bensin 2 tak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor 2 tak lebih kencang dari motor 4 tak,

      Delete
    2. Setuju, dan aku pernah punya mesin 2 tak. Larinya full bertenaga.

      Delete
    3. Betul mas untuk tarikan dan tenaga motor 2 tak lebih unggul dari motor 4 tak

      Delete
  2. Dan sejujurnya aku lebih suka mesin 2 tak. Borosnya ini yang menjadi pertimbanganku. Bikin dompet terkuras. Walau memang diakui, perawatannya memang mudah dan lebih bertenaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang untuk konsumsi bahan bakar motor 2 tak lebih boros dari pada motor 4 tak, sehingga banyak yang bilang kalo motor 2 tak kurang bersahabat di kantong

      Delete
  3. Tuh ta kasih G+.

    Dapat informasi baru lagi disini...

    Saya lebih suka 4 tak, nggak berisik dan berasap hitam pekat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas gas buang hasil pembakaran mesin 4 tak lebih ramah lingkungan

      Delete
  4. Dulu saya pernah pake Vespa mas kan 2 tak juga tarikannya ngacir mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal tarikan motor 2 tak memang lebih wus wus mas

      Delete
  5. ah kalau tahu gitumah sayateh mau pake yang 4 tak aja... :D

    ReplyDelete
  6. Saya gak pilih dua-duanya, karena saya pake sepeda, irit dan gak brisik, hehe...

    ReplyDelete
  7. Makanya motor 2 tak itu boros bbm soalnya tarikannya joss banget ya mas. Tapi kalau mau ramah lingkungan ya pakai motor 4 tak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas kebutuhan bahan bakar sebanding dengan tenaga yang dihasilkan

      Delete
  8. motor 2-tak memang mebih boros bahan bakar. Hal ini disebabkan karena sistem pembakaran yang hanya dua langkah, sehingga butuh asupan BBM yang lebih banyak. Motor 2-tak juga memang tampil dengan suara yang lebih bising. maka dari itu saya menyukai motor 2 tak karena suaranya yang membuat saya suka heheee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas baik motor 2 tak atau 4 tak masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan

      Delete