Kelebihan Dan Kelemahan Penggunaan Mesin Diesel Untuk Penggerak Kompresor


Ada dua jenis mesin yang biasa digunakan sebagai motor penggerak pada kompresor, yaitu mesin bensin yang menggunakan bahan bakar bensin, pertalite, pertamax ataupun pertamax plus, dan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar. Dimana kedua mesin tersebut baik itu mesin diesel ataupun mesin bensin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai beberapa Perbedaan Antara Mesin Diesel Dan Mesin Bensin, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan mesin diesel pada kompresor.


Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kelemahan penggunaan mesin diesel pada kompresor, perlu sobat ketahui bahwa mesin diesel hanya digunakan pada kompresor-kompresor ukuran besar atau dengan tabung besar, sedangkan kompresor dengan ukuran kecil menggunakan mesin bensin.

Lalu apa sajakah kelebihan dan kelemahan penggunaan mesin diesel pada kompresor ...? Jawabannya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Mesin Diesel 


1. Lebih Hemat Bahan Bakar

Mesin diesel terbukti lebih hemat bahan bakar dari pada mesin bensin, dengan kapasitas mesin yang lebih besar dari pada mesin besin, konsumsi bahan bakar untuk mesin diesel jauh kebih kecil / sedikit dari pada mesin dengan bahan bakar bensin. Bahkan untuk mobil dengan mesin diesel dapat memberikan jarak tempuh 25% hingga 30% lebih jauh, dari pada mobil yang menggunakan mesin besin dengan jumlah bahan bakar yang sama.

Selain itu mesin diesel juga lebih efisien biaya untuk bahan bakar, karena harga bahan bakar jenis solar jauh lebih murah dari pada bahan bakar jenis premium, pertalite, pertamax ataupun pertamax plus, sehingga jika digunakan untuk usaha lebih hemat biaya operasional dari pada mesin bensin.

2. Lebih Bertenaga

Dengan kapasitas mesin yang sama mesin diesel mampu menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar dari pada mesin bensin, maka tidak mengherankan apabila kompresor dengan ukuran tabung besar menggunakan mesin diesel dari pada mesin besin, karena untuk menggerakan blower kompresor dan mengisi tabung ukuran besar dibutuhkan tenaga yang besar.

Sebagai contoh misalnya mesin bensin dengan kapasitas 2400 cc, hanya mampu menghasilkan tenaga 142 HP ( Horse Power ), sedangkan untuk mesin diesel dengan kapasitas mesin 2000 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 150 HP ( Horse Power )

3. Perawatan Lebih Mudah

Perwatan berkala pada mesin diesel yang digunakan sebagai motor penggerak pada kompresor jauh lebih mudah dan lebih sederhana dari pada mesin bensin, hal ini dikarenakan bagian yaang perlu dicek dan dilakukan perawatan lebih sedikit dari pada mesin besin.

Sebagai contoh misalnya untuk perwatan berkala pada mesin diesal yang perlu di cek hanyalah filter angin, filter bahan bakar, radiator, dan penggantian oli mesin secara berkala. Sedangkan pada mesin bensin banyak bagian harus dicek, misalnya karburator, filter angin, busi bagian kelistrikan dan lain sebagainya.

4. Kelistrikan Lebih Minim

Mesin diesel memiliki sistem kelisitrikan lebih minim dari pada mesin bensin, bahkan untuk mesin diesel yang digunakan sebagai motor penggerak pada kompresor tidak ada sistem kelistrikannya, hal ini karena sistem pembakaran pada mesin diesel dihasilkan dari bahan bakar yang diinjeksikan pada ruang pembakaran yang bersuhu tinggi, sehingga bahan pakar tadi akan terbakar dengan sendirinya.

Berbeda dengan mesin bensin yang mana terjadinya proses pembakaran dikarena bahan bakar yang ada di dalam ruang pembakaran terkena percikan bunga api yang berasal dari busi, sehingga otomatis membutuhkan sistem kelistrikan.

5. Lebih Tahan Air

Hal ini dikarenakan mesin diesel memiliki sistem kelistrikan lebih minim dari pada mesin bensin, sehingga mesin diesel lebih tahan terhadap air, berbeda dengan mesin bensin yang mana lebih sensitif terhadap air dikarenakan banyaknya sistem kelistrikan. Maka tidak mengherankan jika mobil yang menggunakan mesin diesel lebih berani melintasi genangan air dari pada mobil yang menggunakan mesin bensin.

6. Mesin Lebih Bandel

Mesin diesel didesain dengan kontruksi yang lebih kuat dan lebih kokoh dari pada mesin bensin, sehingga kekuatan bahan dari mesin diesel sendiri jauh lebih kuat dari pada mesin besin. Dengan perwatan berkala yang dilakukan secara rutin, serta penggunaan dilakukan secara normal dan sesuai aturan, maka mesin diesel memiliki umur pakai yang jauh lebih panjang dari pada mesin bensin.

Kelemahan Mesin Diesel


1. Gas Buang

Gas buang yang dihasilkan mesin diesel lebih pekat dan berwarna lebih hitam dari pada mesin diesel, hal tersebut dikarenakan pada bahan bakar yang digunakan yaitu solar mengandung pelumas, yang mana saat solar terbakar otomatis pelumas tersebut akan ikut terbakar sehingga menghasilkan asap berwarna hitam dan pekat.

2. Getaran Lebih Besar

Mesin diesel memiliki rasio kompresi lebih tinggi dari pada mesin bensin dan hal tersebut berimbas pada getaran yang dihasilkan, dimana getaran dari mesin diesel lebih besar dari pada mesin bensin. Sehingga karena getaran tersebut sering menyebakan dudukan mesin pada kompresor mudah jebol atau patah.

Selain itu akibat dari getaran yang dihasilkan oleh mesin diesel jauh lebih besar dari pada mesin besin, hal tersebut membuat tangki bahan bakar mesin diesel pada kompresor menjadi tidak awet karena sering jebol, sehingga harus rajin dikontrol dan dilakukan pengelasan.

3. Suara Lebih Keras

Seperti kita ketahui bahwa mesin diesel menghasilkan suara lebih keras dan lebih berisik dari pada mesin bensin, sehingga jika digunakan untuk bekerja malam hari, suaranya akan terasa sangat mengganngu.

4. Ukuran Mesin Lebih Besar

Karena mesin diesel didesain dengan kontrusi yang lebih kuat dan lebih kokoh dari pada mesin bensin, maka ukurannya pun jauh lebih besar dari pada mesin bensin, padahal dengan kapasitas silinder yang sama, sehingga dengan ukurannya yang besar, mesin diesel lebih banyak memakan tempat.

5. Harganya Lebih Mahal

Dikarenakan kontruksi mesin diesel harus kuat dan kokoh maka bahan yang digunakan untuk menyusun mesin tersebut juga haruslah kuat dan bagus, sehingga hal tersebut menyebabkan harga mesin diesel jauh lebih mahal dari pada mesin bensin untuk ukuran dan kapasitas mesin yang sama.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai kelebihan dan kelemahan penggunaan mesin diesel sebagai motor penggerak kompresor, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semuanya.


Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Kelebihan Dan Kelemahan Penggunaan Mesin Diesel Untuk Penggerak Kompresor"

  1. Kelebihannya banyak,, selain bertenanga juga bahan bakarnya lebih irit.. dan yang pasti kekurangan yang terlihat oleh orang awam seperti Saya adalah masalah kebisingan yang ditimbulkannya.... mungkin harus pake peredam seperti di studio musik... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang betul mas kalo soal suara mesin diesel lebih keras dan lebih bising

      Delete
  2. Kalau kelebihannya banyak begini jadi gak perlu risau deh sayanya mas karena aman dan memiliki banyak kelebihan luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin diesel memang memiliki banyak kelebihan Mas

      Delete
  3. Makanya banyak yang menggunaka tenaga mesin diesel karena banyak kelebihannya ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas dengan menggunakan mesin diesel lebih hemat biaya operasional

      Delete
  4. Itu produk pelumas pada solar memang tidak bisa dihilangkan ya mas?! Memang sudah dari sananya yah.... Tapi berarti mobil Isuzu panther yang pake mesin diesel lebih awet dong??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah dari sananya seperti itu mas, kalo solar memang dibuat dengan ada campuran pelumasnya

      Delete
  5. Gas buangnya yang nggak nahan mas bikin polusi...padahal lebih irit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gas buang mesin diesel hanya lebih hitam dan pekat mas, tapi kandungan karbon monoksidanya lebih banyak gas buang yang dihasilkan mesin bensin

      Delete
    2. baru tau saya mas. kalo gitu lebih bahaya bensin dong mas

      Delete
  6. klo untuk operasional lebih hemat mesin diesel, tinggal bagaiamana menyikapi polusi dari mesin dieselnya baik polusi udara & suara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk diesel duduk yang digunakan pada kompresor bisa diatasi dengan memperpanjang knalpotnya dan dibuang ke atas mas

      Delete
  7. kalo saya merasakan jika mengendarai mesin disel ga cepat mati mas. kalopun agak lambat injak kopling saat berhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas dalam putaran mesin rendah mesin diesel menghasilkan torsi yang lebih besar dari pada mesin bensin

      Delete
  8. masih unggul kelebihanya 1 poin hehee :D
    saya kurang begitu mengerti sih mas kalo dalam masalah permesinan.. jadi saya hanya menyimak saja untuk dimengerti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas mesin diesel lebih efisien biaya operasionalnya mas

      Delete
  9. Bertenagan dan perawatan yang mudah, tapi kalu hemat bahan bakar baru tahu karena perasaanku agak lebih boros.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dibandingkan dengan mesin bensin dengan kapasitas silinder sama mesin diesel lebih hemat bahan bakar

      Delete