Jangan Kecewakan Pelanggan, Karena Pelanggan Adalah Prioritas Utama


Sobat Dukun Ban Semuanya

Dalam sebuah usaha atau bisnis, pelanggan merupakan faktor penting yang menentukan kemajuan dan perkembangan sebuah usaha, sebab jika tidak memiliki pelanggan atau konsumen bisa dipastikan kalo usaha tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan lama kelamaan pasti akan gulung tikar.

Maka dari itu yang namanya pelanggan atau konsumen harus benar-benar diperhatikan, harus dijaga dengan baik, jangan dikecewakan dan selalu menjadi prioritas utama, karena kepuasan konsumen atau pelanggan sangat menentukan keberhasilan usaha yang kita jalankan.


Sama halnya dengan usaha bengkel tambal ban yang saya kerjakan, jika banyak pelanggan yang puas dengan hasil pekerjaan saya, maka akan semakin banyak pelanggan atau konsumen yang menggunakan jasa saya, dan semakin banyak pelanggan di bengkel saya maka akan semakin bagus untuk kemajuan dan pekermbangan usaha saya.

Dan karena pelanggan atau konsumen merupakan hal penting dalam sebuah usaha, maka saya memiliki prinsip dalam menjalankan usaha yaitu pelanggan merupakan prioritas utama yang harus dilayani dengan baik dan jangan sampai mereka kecewa.

Karena sedikit saja kita melakukan kesalahan dan membuat pelanggan kecewa akibatnya bisa sangat fatal, mungkin hanya satu pelanggan yang kecewa, namun kabar tersebut pasti akan beredar dari mulu ke mulut sehingga akan mempengaruhi pelanggan lain, yang akhirnya para pelanggan akan meninggalkan kita.

Oleh karena itu sebisa mungkin saya akan berusaha untuk melayani mereka dengan baik dan tidak membuatnya kecewa, bahkan karena sudah komitmen untuk melayani pelanggan dengan baik, terkadang saya harus memberikan layanan ekstra diluar jam kerja.

Tidak jarang ada pelanggan yang datang kerumah atau menghubungi saya melalui SMS ataupun telepon saat bengkel belum buka atau bengkel sudah tutup, meskipun diluar jam kerja normal, karena mereka adalah pelanggan maka saya usahakan untuk melayani mereka dengan segera.

Selain seperti hal diatas terkadang ada juga pelanggan yang akan menambalkan ban mobil karena mereka tidak sempat membawa ke bengkel akhirnya meminta saya mengambil ban tersebut di rumah mereka, meskipun harus bekerja ekstra, demi menjaga kepuasan pelanggan, saya usahakan agar mereka tidak kecewa.

Lalu apa yang saya dapatkan ...?

Seperti kita ketahui jika kita memberikan lebih kepada pelanggan maka merekapun akan memberikan lebih kepada kita, dan hal ini benar-benar saya rasakan, dimana banyak sekali pelanggan setia saya yang tidak mau beralih ke tempat lain.

Bahkan terkadang meskipun saya sedang banyak pekerjaan dan sedang banyak antriannya, namun para pelanggan tetap menunggu hingga tiba gilirannya, padahal di sekitar bengkel saya ada banyak bengkel tambal ban lain, dan jika sedang repot dan mereka terburu-buru saya sering menyarankan ke bengkel lain, tapi tetap banyak pelanggan yang memilih menunggu.

Selain kesetiaan pelanggan yang saya dapat, banyak juga pelanggan saya yang sering memberikan ongkos lebih kepada saya, sebagai contoh misalnya ongkos untuk tambal ban mobil Rp 10.000, tapi banyak pelanggan yang memberikan ongkos lebih misalnya Rp 15.000 atau Rp 20.000, dan bagi saya hal ini merupakan tambahan rejeki.

Demikianlah sedikit cerita dari saya pada kesempatan kali ini, meskipun tulisan saya sangat singkat, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa berguna dan bermanfaan untuk anda.


Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Jangan Kecewakan Pelanggan, Karena Pelanggan Adalah Prioritas Utama"

  1. Pelayanan yang baik memang perlu apalagi ditengah persaignan usaha yang semakin ketat walaupun ada tenaga ekstra namun pelanggan akan puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, pelanggan harus diutamakan dan jangan sampai kita membuat mereka kecewa

      Delete
  2. Berdasarkan pengalaman sendiri, saat saya sudah dikecewakan oleh oleh pihak lain pasti saya gak bakal mau langganan disana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu memang betul mas, maka dari itu sebagi dalam menjalankan usaha kita harus menjaga pelanggan dan jangan sampai membuat mereka kecewa

      Delete
  3. Benar mas, profesional itu tidak melihat strata dan pekerjaan, namun lebih dari pada pelayanan dan tanggung jawab pada tugas pekerjaan kita. Dan itu menjadi hal utama ya...

    ReplyDelete
  4. betul sekali mas, pelayanan dan profesionlisme dalam berkerja harus selalu di utamakan

    ReplyDelete
  5. Memprioritaskn pelanggan adalah hal wajib bagi usaha apapun, pelanggan jadi seneng sehingga akan datang lagi di lain waktu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas melayani pelanggan dengan baik akan membawa dmpak yang bagus untuk perkembangan usaha yang kita lakukan

      Delete
  6. Setuju mas, ini juga saya terapkan bagi semua pelanggan foto di studio foto tempat saya kerja mas, setiap pelanggan ibarat raja, jadi harus di layani dengan sebaik-baiknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas apapun usahanya pelanggan tetaplah rajanya, yang mana harus diprioritaskan dan dilayani dengan sebaik mungkin

      Delete
  7. benar sekali, pelayanan terbaik untuk pelanggan bisa membuat pelanggan merekomendasikan toko itu ke orang lain, mantap la

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan melayani pelanggan dengan baik, termasuk juga melakukan promosi

      Delete
  8. Betul sekali mas, best service yang kita berikan ke pelanggan, akan berpengaruh baik juga buat kemajuan usaha yang kita jalankan. Bisa aja kan, si pelanggan akan bercerita ke pelanggan lainnya tentang service yang dia dapat. Semakin kita berikan service yang baik, maka semakin banyak pula rezeki buat kita...

    Jika saya di posisi pelanggan, kalo service nya jelek, kurang memuaskan atau bahkan tidak memuaskan, orangnya gak ramah, jawaban saya cuma satu : saya gak akan balik lagi ke tempat itu. Dan saya tidak akan merekomendasikan tempat itu ke teman-teman

    ReplyDelete
  9. Wah sy mesti bnyk bljr sbg tukang tambal ban newbie bnyk yg blm paham seluk beluk

    ReplyDelete