Membersihkan Tromol Dan Kampas Rem Mobil Truck


Salah satu perawatan dasar yang harus dilakukan oleh para pengguna truck adalah membersihkah tromol dan kampas remnya secara rutin dan berkala, karena kampas rem dan tromol yang sudah lama tidak dilakukan pembersihan akan mengeluarkan bunyi saat dilakukan pengereman.

Selain berbunyi dan berisik saat mengerem, debu dari kampas rem akan menutupi kampas itu sendiri dan mengotori tromol sehingga rem menjadi kurang pakem, dan hal ini bisa berbahaya. Jadi bisa disimpulkan bahwa membersihkan kampas rem dan tromol secara rutin, merupakan perawatan dasar, namun sangat penting dilakukan.



Kegiatan membersihkan kampas rem dan tromol pada truck memang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin, paling tidak setiap 2 bulan sekali, dan lebih baik lagi apa bila dilakukan setiap satu bulan sekali.

Pekerjaan membersihkan kampas rem dan tromol truck biasanya memakan waktu antara 30 menit sampai dengan 1 jam, tergantung bagaimana kondisinya. Jika terlalu kotor atau sudah cukup lama tidak dibersihkan, biasanya membutuhkan waktu lebih lama dari itu, karena biasanya debu dari kampas rem, sudah menumpuk.

Selain membersihkan kampas rem dan tromol, saya juga sekalian membersihkan radiator, dengan cara menyemprot saringan udaranya, agar sarinagn tersebut bersih dari debu dan kotoran yang menempel.

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pekerjaan ini adalah menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan, diantaranya masker, pelindung mata, topi, dan kardus bekas.

Fungsi dari perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut, Masker untuk melindungi hidung dan mulut agar tidak kemasukan debu kampas rem atau kotoran lainnya saat melakukan pekerjaan ini. Pelingdung mata fungsinya agar mata tidak terkena kotoran, atau debu yang bisa saja mental saat disemprot dengan angin bertekanan tinggi.

Topi berfungsi agar rambut tidak terlalu kotor apabila terkena debu dari kampas rem atau kotoran lainnya, sedangkan kardus bekas fungsinya sebagai alas saat membersihkan kampas rem dan tromol, sehingga lebih nyaman saat tiduran dibawah mobil.

Cara Membarsihkan Kampas Rem Dan Tromol Mobil Truck

  • Siapkan kardus bekas atau alas lainnya dibawah truck yang akan dibersihkan kampasnya.
  • Nyalakan meskin kompresor, dan siapkan alat penyemprotnya.
  • Pakai semua perlengkapan keamanan, seperti topi, masker dan pelindung mata.
  • Masuk kebawah truck, kemudian buka tutup lubang pada tromol, yang berupa karet, jumlahnya ada empat.
  • Letakan karet penutup lubang tromol ditempat yang aman, ingat jangan sampai hilang.
  • Semprotkan angin untuk membersihkan tromol melalui ke 4 lubang tersebut secara bergantian, ulangi terus hingga benar-benar bersih, tandanya saat disemprot sudah tidak keluar debunya.
  • Setelah bersih, tutup kembali ke 4 lubang tersebut, menggunakan karet penutupnya.
  • Lakukan hal yang sama pada ke 3 tromol lainnya.
  • Seteleh selesai memebrsihkan semua tromol, maka tidak ada salahnya jika membersihkan juga radiatornya, biarpun pelanggan tidak meminta hal tersebut, itung-itung service tambahan.
  • Terakhir keluar dari bawah mobil truck dan bersihkan diri kita dengan cara disemprot, untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

  • Matikan kompresor dan bereskan semua peralatan dan perlengkapan yang tadi digunakan. 
Demikianlah langkah-langkah dan cara membersihkan kampas rem dan tromol pada mobil truck, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Membersihkan Tromol Dan Kampas Rem Mobil Truck"

  1. ternyata harus teliti ya..memang pekerjaan apapun tanpa di pelajari mustahil kita bisa tahu ..termasuk yg berurusan dgn ban..baik itu ban sepeda motor ataupun ban mobil he..he...trimakasih ...mas atas infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, asalkan kita mau belajar pasti nanti kita bisa, saya tadinya juga tidak tahu dan tidak bisa

      Delete
  2. untuk mobil2 muatan seperti truk perawatan harus teratur termasuk perawatan kampas rem, biar makin keset, hahahahyyyy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, selain harus distel agar tetap pakem saat digunkan, perlu dibersihkan secara rutin

      Delete
  3. spertinya memang lebih mudah menggunakan kompresor yah mas, soalnya tinggal ditekan aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harusnya pakai kompresor mas, karena debu kampas didalam tromol biasanya tebal,

      Delete