Mengisi angin ban menggunakan gas nitrogen saat ini menjadi pilihan bagi para pengguna kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil, hal ini dikarenakan sekarang sudah mulai banyak penyedia isi angin ban yang menggunakan gas nitogen, bahkan untuk mengisi angin ban dengan menggunakan nitrogen, bisa dilakukan di pom bensin atau SPBU
Namun tahukah anda selain mudah mendapatkan nitrogen untuk mengisi ban, karena sudah banyak yang menyediakannya, ternyata penggunaan gas nitrogen untuk mengisi angin ban, lebih banyak kelebihan dan keuntungannya dibandingkan dengan menggunakan oksigen atau angin biasa dari kompresor.
Kelebihan-kelebihan penggunaan gas nitrogen untuk mengisi angin ban adalah sebagai berikut.
1. Tekanan Angin Lebih Stabil
Namun tahukah anda selain mudah mendapatkan nitrogen untuk mengisi ban, karena sudah banyak yang menyediakannya, ternyata penggunaan gas nitrogen untuk mengisi angin ban, lebih banyak kelebihan dan keuntungannya dibandingkan dengan menggunakan oksigen atau angin biasa dari kompresor.
Kelebihan-kelebihan penggunaan gas nitrogen untuk mengisi angin ban adalah sebagai berikut.
1. Tekanan Angin Lebih Stabil
Berbeda dengan oksigen, atau angin ban biasa yang berasal dari kompresor, penggunaan nitrogen membuat tekanan angin pada ban menjadi lebih stabil dan tidak mudah berkurang, karena partikel molekul nitrogen lebih besar dari pada oksigen atau angin bisa yang berasal dari kompresor, sehingga tidak mudah keluar dari celah antara velg dengan ban, atau keluar melalui pori-pori ban.
2. Lebih Irit Bahan Bakar
Tekanan angin yang selalu terjaga dalam kondisi ideal secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar, artinya bisa lebih hemat pemakaian bahan bakar saat berkendara, hal ini dikarenakan ban yang memiliki tekanan angin ideal dan tetap terjaga kestabilannya akan membuat permukaan telapak ban menempel dengan sempurna di permukaan jalan.
Seperti kita ketahui bahwa ban yang kekurangan angin, akan menyebakan lebih banyak permukaan ban yang menempel langsung dengan jalan, sehingga hal ini menyebabkan mesin harus bekerja dengan lebih keras untuk memacu kendaraan, dan otomatis membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
Tekanan angin yang selalu terjaga dalam kondisi ideal secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar, artinya bisa lebih hemat pemakaian bahan bakar saat berkendara, hal ini dikarenakan ban yang memiliki tekanan angin ideal dan tetap terjaga kestabilannya akan membuat permukaan telapak ban menempel dengan sempurna di permukaan jalan.
Seperti kita ketahui bahwa ban yang kekurangan angin, akan menyebakan lebih banyak permukaan ban yang menempel langsung dengan jalan, sehingga hal ini menyebabkan mesin harus bekerja dengan lebih keras untuk memacu kendaraan, dan otomatis membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
3. Lebih Mudah Mengendalian Kendaraan
Dengan tekanan angin yang tetap terjaga dalam kondisi yang ideal dan tetap stabil, hal ini akan membuat permukaan telapak ban menempel dengan sempurna pada permukaan jalan, dan memiliki daya cengkram yang lebih baik, sehingga kendaraan lebih mudah dikendalikan dan lebih aman untuk melintasi segala macam kondisi jalanan
Dengan tekanan angin yang tetap terjaga dalam kondisi yang ideal dan tetap stabil, hal ini akan membuat permukaan telapak ban menempel dengan sempurna pada permukaan jalan, dan memiliki daya cengkram yang lebih baik, sehingga kendaraan lebih mudah dikendalikan dan lebih aman untuk melintasi segala macam kondisi jalanan
4. Temperatur Ban Lebih Stabil
Dengan menggunakan nitrogen untuk mengisi angin ban, akan membuat suhu udara atau temperatur didalam ban menjadi lebih stabil, hal ini dikarenakan suhu nitrogen lebih rendah dibandingkan dengan oksigen atau angin biasa yang berasal dari kompresor.
Meskipun digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh temperatur ban tetap dingin atau stabil, tidak seperti angin biasa yang mana akan menjadi panas saat kendaraan digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sehingga lebih aman dari resiko ban meledak, karena udara akan mengembang apabila terkena panas.
Dengan menggunakan nitrogen untuk mengisi angin ban, akan membuat suhu udara atau temperatur didalam ban menjadi lebih stabil, hal ini dikarenakan suhu nitrogen lebih rendah dibandingkan dengan oksigen atau angin biasa yang berasal dari kompresor.
Meskipun digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh temperatur ban tetap dingin atau stabil, tidak seperti angin biasa yang mana akan menjadi panas saat kendaraan digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sehingga lebih aman dari resiko ban meledak, karena udara akan mengembang apabila terkena panas.
5. Menambah Umur Pakai
Menggunaan nitrogen untuk mengisi angin ban juga dapat menambah dan memperpanjang umur pakai ban, atau setidaknya ban bisa digunakan lebih lama dari pada menggunakan oksigen atau angin biasa yang berasal dari kompresor. Kerena angin biasa bisa menyebabkan karet menjadi lebih cepat keras dan getas disebabkan oleh proses oksidasi.
6. Tidak Merusak Ban
Seperti kita ketahui bahwa saat ini kebanyakan pengguna kendaraan lebih memilih ban yang menggunakan kawat didalamnya sebagai penguat, dari pada ban yang menggunakan benang atau nylon didalamnya sebagai penguat.
Memang sih kebanyakan pengguna kendaraan tidak menyadari kerusakan yang diakibatkan dari pengunaan angin biasa untuk mengisi ban, hal ini dikarenakan proses kerusakan yang terjadi secara tidak langsung.
Kerusakan tersebut biasanya terjadi apabila ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya, kemudian melalui luka akibat terkena benda tajam tersebut, kawat baja yang ada di dalam ban akan terkena titik-titik air yang berasal dari oksigen akibat terkena panas, sehingga akan menjadi berkarat dan mudah putus.
Seperti kita ketahui bahwa saat ini kebanyakan pengguna kendaraan lebih memilih ban yang menggunakan kawat didalamnya sebagai penguat, dari pada ban yang menggunakan benang atau nylon didalamnya sebagai penguat.
Memang sih kebanyakan pengguna kendaraan tidak menyadari kerusakan yang diakibatkan dari pengunaan angin biasa untuk mengisi ban, hal ini dikarenakan proses kerusakan yang terjadi secara tidak langsung.
Kerusakan tersebut biasanya terjadi apabila ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya, kemudian melalui luka akibat terkena benda tajam tersebut, kawat baja yang ada di dalam ban akan terkena titik-titik air yang berasal dari oksigen akibat terkena panas, sehingga akan menjadi berkarat dan mudah putus.
7. Memperkecil Resiko Velg Berkarat
Bagi kendaraan yang menggunakan ban tules dan masih memakai velg kaleng, jika ban tersebut di isi menggunakan angin biasa yang berasal dari kompresor atau oksigen, setelah udara didalamnya terkena panas sebagian akan berubah menjadi titik-titik air, dan akhirnya akan menyebabkan velg menjadi berkarat.
8. Tidak Merusak Pentil
Unuk ban dengan model tubles, penggunaan oksigen atau angin biasa yang berasal dari kompresor untuk mengisi ban, lama kelamaan biasa menyebakan kerusakan pada pentil karena berkarat, baik itu pentil yang terbuat dari besi atau karet, karena pentil yang terbuat dari karet didalamnya tetap menggunakan meterial dari logam.
Unuk ban dengan model tubles, penggunaan oksigen atau angin biasa yang berasal dari kompresor untuk mengisi ban, lama kelamaan biasa menyebakan kerusakan pada pentil karena berkarat, baik itu pentil yang terbuat dari besi atau karet, karena pentil yang terbuat dari karet didalamnya tetap menggunakan meterial dari logam.
9. Tidak Berbau
Tidak seperti penggunaan angin biasa atau oksigen, saat kita membuang angin dari dalam ban nitrogen tidak mengeluarkan bau yang menyengat, sedangkan penggunaan oskigen atau angin biasa saat kita mengeluarkan angin dari dalam ban pasti berbau tidak enak dan menyengat, hal ini dikarenakan sebagian udara di dalam ban berubah menjadi titik-titik air, sehingga kondisi didalamnya menjadi basah dan lembab.
Tidak seperti penggunaan angin biasa atau oksigen, saat kita membuang angin dari dalam ban nitrogen tidak mengeluarkan bau yang menyengat, sedangkan penggunaan oskigen atau angin biasa saat kita mengeluarkan angin dari dalam ban pasti berbau tidak enak dan menyengat, hal ini dikarenakan sebagian udara di dalam ban berubah menjadi titik-titik air, sehingga kondisi didalamnya menjadi basah dan lembab.
10. Ukuran Tekanan Angin Akurat
Tidak seperti penggunaan angin biasa, saat dilakukan pengukuran maka ukuran tekanan angin didalam ban yang menggunakan nitrogen hasilnya lebih akurat, hal ini dikarenakan tekanan angin ban yang menggunakan oksigen bisa berubah-ubah karena pengaruh suhu disekitarnya
Baiklah sobat demikianlah sedkit pembahasan pada postingan kali ini mengenai beberapa kelebihan penggunaan nitrogen untuk mengisi angin ban, semoga informasi dari saya ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.
Tidak seperti penggunaan angin biasa, saat dilakukan pengukuran maka ukuran tekanan angin didalam ban yang menggunakan nitrogen hasilnya lebih akurat, hal ini dikarenakan tekanan angin ban yang menggunakan oksigen bisa berubah-ubah karena pengaruh suhu disekitarnya
Baiklah sobat demikianlah sedkit pembahasan pada postingan kali ini mengenai beberapa kelebihan penggunaan nitrogen untuk mengisi angin ban, semoga informasi dari saya ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.
sangat bagus untuk dijadikan referensi ini mas, karena akan berdampak baik dan aman bagi penggunaan motor ya mas :)
ReplyDeletebetul mas, memamng sih untuk isi angin nitrogen harganya lebioh mahal dari pada angin biasa, tapi hal tersebut sebanding dengan keunggulan dan manfaat yang akan kita dapatkan
DeleteSetahu saya Mas Nitrogen mempunyai partikel lebih kecil dr Oksigen sehingga ketika di isikan ke bank tidak akan berkurang atau susut meskipun nagnggur setahun. Itu pengalaman saya saja lho Mas?
ReplyDeletemenggunakan nitrogen tekanan angin didalam ban akan terjaga kestabilanya, hla ini dikarenakan melekul gas nitroken yang lebih besar dari pada oksigen, sehingga tidak mudah kelur melalui pori-pori ban
Deletewah memang harga agin ya mahal,.,?
ReplyDeletetapi menghematkan,.,?
betul gan nitrogen memang sedkit lebi mahal, untuk ban sepeda motor harganya RP 5000 sampai Rp 10.000 untuk setiap bannya
DeleteSaya pernah pakai nitrogen tapi untuk mobil, tarikan mobilnya lebih enteng, tapi harus tau tekanan angin yang sesuai dengan keinginan
ReplyDeletebetul sekali, dan pastinya ban tdak cepat panas
DeleteBanyak juga kelebihannya isi angin ban dengan nitrogen ya mas saya belum pernah coba saya pikir sama saja dengan isi angin menggunakan kompresor biasa
ReplyDeletebeda mas, menggunakan nitrogen lebih banyak kelebihannya dari pada angin biasa
Deletenitrogen lebh dingin untuk ban mas
ReplyDeletebetul sekali mas, suhu nitrogen lebih rendah dan lebih stabil sehingga ban akan tetap dingin meski digunakan untuk perjalanan jarak jauh
DeleteSaya sangat suka pada no. 5. Menambah Umur Pakai...
ReplyDeleteSepertinya saya sudah mengalaminya... hehe :D
memang betul gan dengan menggunakan nitrogen untuk mengisi angin ban, akan membuat ban lebih lama umur pakainya
Delete