Rem Cakram Belakang Sepeda Motor Tiba-Tiba Blong


Apa kabar sobat Dukun Ban semuanya, semoga saja anda selalu dalam keadaan yang baik, sehat dan tidak kekurangan suatu apapun, amin. Rem merupakan salah satu komponen kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting yaitu untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Ngomong-ngomong soal rem, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rem pada sepeda motor, dimana seperti kita ketahui ada 2 jenis rem yang  sering dipasang pada sepeda motor yaitu rem cakram dan rem tromol.


Jika dulu kebanyakan sepeda motor menggunakan rem tromol pada roda belangkannya, tapi untuk sepeda motor keluaran terbaru, kebanyakan sudah menggunakan rem cakram pada roda belakangnya, terutama untuk sepeda motor jenis sport, dan sekarang juga sudah banyak digunakan pada sepeda motor jenis bebek.

Rem cakram memang diakui lebih pakem dari pada rem tromol, tapi tahukah sobat bahwa rem cakram belakang pada sepeda motor bisa tiba-tiba blong atau tidak berfungsi, meskipun kampasnya belum habis, dan tidak terjadi kebocoran pada saluran minyak rem.

Saya pernah mengalami 3 kali kejadian seperti ini, dimana rem cakram belakang sepeda motor tiba-tiba blong atau tidak berfungsi, padahal kondisi kampasnya masih bagus, selain itu saya mengalaminya dengan 3 sepeda motor yang berbeda, yaitu Yamaha R 15, Jupiter MX, dan Honda Supra X 125.

Lalu apa yang menyebabkan rem cakram belakang sepeda motor bisa tiba-tiba blong ...? Hal seperti ini ternyata memang sudah menjadi ciri dari rem cakram, yang mana jika kondisi kapiler atau piringan cakram terlalu panas, maka rem cakram tidak dapat berfungsi dengan baik atau tiba-tiba menjadi blong.

Mungkin karena hal inilah mengapa pada kendaraan besar seperti truck yang biasa digunakan untuk membawa muatan berat tidak menggunakan rem cakram tapi tetap menggunakan rem tromol, karena untuk kendaraan dengan muatan berat biasanya rem akan menjadi cepat panas dan jika sudah terlalu panas rem cakram tidak dapat berfungsi dengan baik dan tiba-tiba bisa blong.

Begitu juga dengan rem cakram belakang sepeda motor, jika melewati jalanan yang banyak menurun ditambah kondisinya macet, otomatis rem akan lebih sering di injak, sehingga membuat kapiler dan piringan cakram lebih cepat panas, dan jika sudah terlalu panas maka rem bisa tiba-tiba blong.

Nah jika sobat mengalami kejadian seperti, yang pertama kali harus sobat lakukan adalah jangan panik, tapi tetap tenang dan cobalah untuk memperlambat kendaraan, dengan mengurangi gigi tranmisi ke gigi rendah dan gunakan rem depan.

Untuk masalah seperti ini sobat tidak perlu membawa sepeda motor tersebut ke bengkel, karena cara mengatasinya sangat mudah dan saya yakin kalo sobat pasti bisa melakukannya sendiri, nah untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Tepikan sepeda motor sobat ditempat yang datar dan aman, karena sekarang masih banyak  begal berkeliaran, hehehe. Kemudian gunakan standar tengah atau standar double jika ada standar tengahnya.

Coba pegang bagian kapilernya, untuk memastikan apakah kondisinya panas atau tidak, jika kondisinya sangat panas, maka hal itulah yang menyebabkan rem cakram tidak berfungsi atau tiba-tiba blong.

Segera cari air, bisa air apa saja entah itu air selokan, air sumur atau beli air meniral kemasan untuk membantu mendinginkan kapiler dan piringan cakram, jika sudah dapat airnya segera siramkan air tersebut ke kapiler rem dan piringan cakramnya.

Hati-hati saat menyiram air ke kapiler atau ke piringan cakram, jangan terlalu dekat karena asapnya sangat panas dan bisa menyembur ke badan. Siram terus kapiler dan pirangan cakram, sampai kondisinya benar-benar dingin.

Setelah kapiler dan piringan cakram benar-benar dingin, coba putar bannya sambil pedal rem di injak-injak agar kondisinya kembali normal, jika rem cakram belakang sepeda motor tiba-tiba blong dikarenakan terlalu panas, biasanya dengan cara ini masalah tersebut dapat diatasi.

Tapi jika dikarenakan hal lain, maka mau tidak mau sepeda motor sobat harus dibawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan dari ahlinya, kecuali jika sobat membawa alat-alatnya dan bisa mengatasinya sendiri maka tidak perlu dibawa kebengkel.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Rem cakram belakan sepeda motor tiba-tiba blong dan cara sederhana untuk mengatasinya, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua.


Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Rem Cakram Belakang Sepeda Motor Tiba-Tiba Blong"

  1. Manusia aja kalau lagi panasmah tidak bisa mikir dan tidak bisa kerja,,, apalagi manusia,,,, heheh XD
    tapi itu ngomong - ngomong judulnya "Rem Cakram Belakang Sepeda Motor Tiba-Tiba Blog" kurang huruf N heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu saya kemaring kurang huruf N nulis judulnya, hehehe

      Delete
  2. Pertama aku baca judulnya agak bingung, Blog. Oh ternyata maksudnya blong, kurang huruf n.
    Terlalu panas biasanya ,karena perjalanan jauh.
    Caranya sungguh sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling berpengaruh adalah medan jalanan mas, kalo banyak melewati jalan yang menurun, jalanan rudak atau macet, otomatis akan membuat kita lebih sering menginjak rem dan menyebabkan rem menjadi lebih cepat panas

      Delete
  3. alhamdulillah mas, saya tidak pernah mengalaminya selama berkendara motor. ohh jadi karena terlalu sering di injak dan menjadikan rem panas sehingga menyebablan blong? dan jika orang mengalaminya bisa dilakukan dengan tips dari mas poniran ini. dengan cara disiram :)

    ReplyDelete
  4. Baru tadi siang saya mengalami hal seperti ini pas waktu touring turun gunung, asalnya saya tidak tahu kalo penyebabnya panas. Saya tidak panik, tak diamkan motornya sambil pergi ke warung kopi. Setelah sekitar 30 menit rem kembali berfungsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena panas mas, dan setelah dingin lagi maka rem akan berfungsi lagi

      Delete
  5. kalo cakramnya sampai menguning gara2 panas gi mana itu mas? @Mas Poniran

    ReplyDelete