Ban Sepeda Motor Cepat Habis / Gundul ...?? Ini Dia Penyebabnya


Sobat Dukun Ban Semuanya, seperti kita ketahui bahwa ban merupakan salah satu komponen penting pada setiap kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil, tanpa adanya ban maka otomatis kendaraan tidak akan bisa bergerak dan berpindah tempat.

Pada umumnya ban sepeda motor telah dirancang memiliki umur pakai antara 1,5 sampai 2 tahun, dengan catatan digunakan secara normal sesuai standar pemakaian dari pabrik. Tapi pada kenyataanya banyak ban sepeda motor lebih cepat habis padahal belum terlalu lama digunakan.


Sering saya temui ada beberapa pelanggan yang mengeluhkan mengapa ban sepeda motornya lebih cepat habis, padahal belum terlalu lama digunakan ( pemakaian kurang dari satu tahun ), sedangkan rata-rata ban sepeda motor untuk roda belakang, dengan pemakian secara wajar bisa bertahan hingga 1,5 sampai 2 tahun.

Lalu mengapa ban sepeda motor bisa cepat habis, padahal belum terlalu lama digunakan ...? Hal tersebut jelas ada penyebabnya, karena setiap ban sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga memiliki umur pakai tertentu.

Nah sobat Dukun Ban semuanya, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai beberapa hal yang bisa menyebabkan ban sepeda motor lebih cepat habis / gundul, langsung saja berikut beberapa penyebab mengapa ban sepeda motor lebih cepat habis.

1. Sering kurang angin

Sebenarnya setiap pabrik sudah merekomendasikan berapa tekanan angin standar untuk setiap sepeda motor, tapi pada kenyataanya masih banyak pengguna sepeda motor yang kurang memperhatikan masalah ini, sehingga sering membiarkan ban sepeda motornya dengan kondisi kurang angin dalam jangka waktu lama.

Padahal hal seperti ini sangat merugikan, karena membiarkan ban dengan kondisi kurang angin dalam jangka waktu lama banyak  sekali akibatnya, salah satunya bisa menyebabkan ban menjadi lebih cepat rusak atau cepat habis, dikarenakan saat kondisi ban kurang angin, lebih banyak permukaan ban yang menapak pada aspal, sehingga membuat ban lebih cepat panas dan cenderung lebih mudah tipis.

Baca juga : Akibat ban sering kurang angin

2. Membawa beban berlebihan

Membawa beban secara berlebihan, melebihi batas standar beban yang dapat dibawa oleh sepeda motor, hal tersebut juga bisa menyebabkan ban sepeda motor menjadi lebih cepat habis, dikarenakan saat membawa beban berat otomatis akan membuat tekanan ke aspal atau jalanan lebih besar, sehingga akan mengakibatkan gesekan telapak ban dengan jalan menjadi lebar dan membuat ban lebih cepat aus / habis.

3. Cara berkendara

Cara berkedara yang wajar dan sesuai dengan standar pemakaian sepeda motor memang tidak akan begitu mempengaruhi ban cepat habis, tapi jika kita mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, apalagi ugal-ugalan, maka hal tersebut mengakibatkan ban sepeda motor lebih cepat aus atau habis dan memperpendek umur pakai ban.

Sebab saat kita berkendara dengan kecepatan tinggi dan ugal-ugalan, tentu hal tersebut akan membuat kita seri melakukan buka tutup gas secara mendadak, sehingga akibatnya sering melakukan pengereman secara mendadak bahkan ekstrim, dan karena hal inilah mengapa ban lebih cepat botak.

4. Jarang dibersihkan

Membersihkan ban sepeda motor secara rutin ternyata sangat bagus untuk ban dan bisa memperpanjang umur pakai ban, perlu sobat ketahui bahwa saat kita berkendara menggunakan sepeda motor, tanpa disadari kita menginjak berabagai macam bahan kimia dijalanan seperti minyak, oli, bensin dan bahan kimia lainnya.

Dimana bahan-bahan kimia tersebut bisa merusak ban dan bisa menyebabkan material ban menjadi lebih lembek sehingga saat bergesekan dengan jalanan menjadi lebih cepat aus, maka dari itu sebaiknya ban sering dibersihkan paling tidak setiap 2 minggu sekali.

5. Kerusakan pada bagian suspensi

Keruskan pada bagian suspensi juga bisa menjadi penyebab ban sepeda motor lebih cepat aus, hal ini dikarenakan saat shockbreaker tidak aktif / mati atau rusak, maka tekanan suspensi pada jalan menjadi tidak rata, sehingga membuat ban habis secara tidak rata dan otomatis akan membuat ban lebih cepat rusak atau habis.

6. Ban sering dijemur

Hal ini sering kurang diperhatikan oleh kebanyakan para pengguna kendaraan, dimana mereka sering memarkirkan sepeda motornya ditempat panas, sehingga membuat ban terkena sinar matahari secara langsung, parahnya lagi hal seperti ini sering dibiarkan dalam waktu lama.

Perlu sobat ketahui jika ban sering terkana panas atau sering ditempatkan ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung, hal tersebut akan membuat struktur ban menjadi cepat getas, keras dan akhirnya lebih cepat habis atau cepat aus.

7. Memasang ban secara terbalik

Pada kebanyakan ban sepeda motor selalu ada petunjuk arah pemasanganya, dimana jika sampai memasang ban tidak sesuai dengan arah rotasi yang diajurkan, hal tersebut selain bisa mengurangi kenyamanan saat berkedara, bisa juga menyebabkan ban lebih cepat habis.


Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab ban sepeda motor cepat habis, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

26 Tanggapan untuk "Ban Sepeda Motor Cepat Habis / Gundul ...?? Ini Dia Penyebabnya"

  1. Kurang angin selain cepat habis juga rawan meletus kalau bawa beban berat saya pernah mengalaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas pada dasarnya kondisi kurang angin sebenarnya dapat merusak ban

      Delete
  2. Kalau sayamah biasanya sering kurang angin,,, selian gundul,, tuh biasanya bocor kalau kurang anginnya mang heheh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas dampak yang paling cepat dirasakan kalo ban kurang angin yaitu mudah bocor dan jebol pentilnya

      Delete
  3. cukup bebahaya ya mas, kalau ban kurang angin, harus sering kontrol agar kita selamat di perjalanan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas ban harus rajin dikontrol tekanan anginnya paling tidak setiap 2 Minggu sekali

      Delete
  4. Untungnya saya pakai sepeda, jadi lebih awet dalam urusan angin, paling dalam sebulan butuh sekali pompa di deket rumah, cukup murah dan meriah hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas selain itu bisa dibilang ban sepeda lebih awet dari pada ban sepeda motor

      Delete
  5. ban sepeda motor ini saya ibaratkan blog, dan 7 penyebab ban cepet habis ini bisa kita pelajari dan dipahami buat dipake mengelola blog, agar blog kita tidak gampang down.

    makasih sharenya mas . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus mas, saya malah gak kepikiran sampai ke situ mas

      Delete
  6. Sepertinya kalau saya mah lebih ke nomor satu dan dua mas, tapi gak terlalu sering sih mas karena kan jarang juga setiap hari bawa barangnya, tapi kalau main mah suka tiap hari, tapi alhamdulillahnya awet mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting rajin dikontrol mas biar segera ketahuan kalo bannya kurang angin

      Delete
  7. saya ga bisa stir motor, jd ga begitu perhatian sama bannya

    ReplyDelete
  8. jalan yang bergelombang juga salah satu penyebabnya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan bergelombang bisa saja menyebabkan ban menjadi cepat habis/gundul

      Delete
  9. gimana orangnya, kalo rajin rapih dijamin awet

    ReplyDelete
  10. tijuh poin penyebab ban cepat gundul, setelah tahu maka kita akantidak melakukan ketujuh hal tersebut...kalau pasang terbalik...jalannya mundur dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal hal diatas memang harus dihindari agar ban sepeda motor bisa awet atau paling sesuai dengan standarnya

      Delete
    2. kira kira mang lembu patuh nggk nih?

      Delete
    3. kalo mang lembu seprtinya orang yang patuh gan, hehehehe

      Delete
  11. Jujur kalau motor saya jarang dibersihkan Kang..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kali motornya dicuci bannya sekalian dibersihkan

      Delete
  12. Cuci ban itu pakai sabun, kayak nyuci motor gitu ya mas?!


    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas pakai sikat sama sabun, biar kotorannya hilang

      Delete