Tong Sampah Dari Ban Mobil Bekas


Tong sampah yang terbuat dari ban mobil bekas, merupakan salah satu kerajinan tangan untuk mengolah sampah ban mobil bekas yang sudah tidak terpakai, menjadi barang yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual dari pada barang sebelumnya.

Seperti kita ketahui bahwa ada banyak tempat sampah yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, ada yang terbuat dari kayu, besi, seng, plastik, anyaman bambu, atau terbuat dari batu bata pasir dan semen.

Namun tahukah anda bahwa tempat sampah yang terbuat dari ban mobil bekas, ternyata memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tempat sampah yang terbuat dari bahan lain, seperti plastik,  seng, anyaman bambu dan kayu, yaitu lebih awet dan tahan lama.

Coba saja anda bayangkan,  misalnya  tempat sampah yang terbuat dari kayu, plastik, anyaman bambu atau seng, kalo saja tempat sampah tersebut diletakan di ruangan terbuka, terkenan panas mata hari dan air hujan secara langsung, maka tidak akan bertahan lama, pasti tempat sampah tersebut akan cepat rusak, dan otomatis minta diganti dengan yang baru.

Berbeda dengan tempat sampah yang terbuat dari ban mobil bekas, biarpun diletakan diruangan terbuka, terkena sinar mata hari dan air hujan secara langsung dan terus menerus, tempat sampah ini, tetap akan bertahan lama bahkan bisa digunakan hingga bertahun-tahun, baru minta ganti.

Selain tahan terhadap sinar mata hari dan air hujan secara langsung, tempat sampah yang terbuat dari ban mobil bekas, ternyata  juga tahan banting, artinya tidak mudah pecah, hal ini dikarenakan sifat karet yang lentur dan fleksibel.

Sebagai contoh di lingkungan saya, biasnya warga sekitar menggunakan tempat sampah yang terbuat dari bekas ember cat, kayu, atau anyaman bambu. Bilamana petugas sampah mengambil sampah di lingkungan warga, biasanya mereka sambil jalan, dan saat menaruh tempat sampahnya sering kali main lempar, atau diletakan secara kasar.

Jika tempat sampah tersebut terbuat dari kayu, anyaman bambu, plastik, atau seng, saat terjatuh atau dijatuhkan dari mobil sampah otomatis akan mudah sekali rusak, ataupun pecah, tidak seperti tempat sampah dari ban mobil bekas, biarpun dilempar atau di jatuhkan dari ketinggian, tetap saja bandel, dan tidak mudah pecah ataupun rusak.

Disamping, kelebihan yang dimilikinya, dari segi hargapun, ternyata tempat sampah ini harganya jauh lebih murah, bahkan bisa didapatkan dengan gratis, kalo anda mau membuatnya sendiri, dan bahan bakunya, anda bisa meminta ban bekas di bengkel-bengkel tambal ban terdekat.

Perlu juga anda ketahui bahwa pembuatan tempat sampah dari ban mobil bekas, ternyata cukup mudah dilakukan, caranya yaitu ban bekas kita potong dan dibuang salah satu hilnya, kemudian dibalik, bagian yang semula diluar di balik menjadi bagian dalam, hal ini dilakukan agar tempat sampahnya kelihatan lebih menarik dan lebih rapi.

Jadi jika anda tertarik untuk membuat tempat sampah dari ban bekas, dengan sedikit kreasi dan inovasi, maka tidak menutup kemungkinan, pembuatan tempat sambah dari ban bekas, bisa menjadi salah satu peluang usaha dan sumber penghasilan.


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Tong Sampah Dari Ban Mobil Bekas"

  1. Unik memang tempat sampah dari ban mobil cuma sayangnya disini nggak ada yang jualan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas tempat sampah dari ban mobil bekas ini, sangat unik, awet dan tahan banting, emang ih jarang menjualnya, saya pun biasanya membuat sendiri

      Delete
  2. Gak ada gambar contoh nya...mas...ban bekas kadang barang yang disepelkan mas...namun jika barang tersebut jatuh di tangan tangan kreatif maka akan menjadi barang yang bisa di gunakan seperti buat tong sampah misalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas saya belumsempat ambil fotonya, setidaknya dengan mengolah ban bekas menjadi tempat sampah atau barang lainnya, bisa mengurangi limbah sisa ban bekas kendaraan

      Delete
  3. wah bisa jadi industri kreatif terbaru nih, hebat idenya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sudah banyak yang melakukan pengolahan ban bekas menjadi barang bermanfaat seperti tong sampah, meja kursi, sandal dan lain-lain

      Delete