Cara Sederhana Mengganti Kampas Rem Cakram


Kampas rem kalo sudah habis, sebaiknya harus segera diganti agar tidak menimbulkan masalah dan mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lainnya. Misalnya saja rem menjadi kurang pakem, dan kerusakan pada bagian cakram, ataupun tromol jika masih menggunakan rem tromol.

Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai cara sederhana mengganti sendiri kampas rem cakram yang sudah habis. Sebagai contoh pada postingan kali in saya akan membahas cara mengganti kampas rem cakram pada sepeda motor Honda Supra X - 125.


Sebenarnya untuk mengganti kampas rem cakram pada setiap sepeda motor, caranya hampir sama, mungkin perbedaanya terletak pada alat atau kunci-kunci yang digunakan saja. Ok untuk menyingkat waktu, mari langsung saja kita bahsa bersama-sama, cara mengganti sendiri kampas rem cakram yang sudah habis.

Langkah Pertama, Seperti biasa sebelum kita melakukan kegiatan bongkar pasang, dan mengganti salah satu komponen dari kendaraan, maka langkah paling awal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan.

Dalam hal ini yang perlu dipersiakan antara lain : kampas rem baru untuk mengganti kampas rem lama, peralatan untuk melakukan bongkar pasang, berhubung contohnya adalah Honda Supra X-125, maka alat-alat yang diperlukan diantaranya adalah : Kunci Ring ukuran 14 dan 19 untuk membuka as roda depan, Obeng bolak-balik, Kunci L ukuran 5 dan balok.

Langkah Kedua, Buka penutup baut pengunci kampas rem menggunakan obeng minus, kemudian kendorkan baut pengunci kampas rem menggunakan kunci L ukuran 5, cukup dikendorkan saja,  tidak perlu langsung dilepas.


Langkah Ketiga, Kendorkan dan buka baut As roda menggunakan kunci ring ukuran 14 dan 19, kemudian turunkan roda depannya dari sepeda motor, agar sepeda motor tidak rubuh saat diturunkan roda depannya, gunakan balok untuk menyangga.

Langkah Keempat, Buka dan ambil baut pengunci kampas rem yang tadi sudah dikendorkan, kemudian keluarkan kampas remnya.

Langkah Kelima, Pasang kampas rem baru, kemudian masukan kembali baut pengunci dan kencangkan, pasang juga tutup baut pengunci hingga kencang, agar tidak mudah copot dan terjatuh.

Langkah Keenam, Naikan kembali roda depannya, kemudian pasang as rodanya dan dikencangkan, sebelum digunakan pompa terlebih dahulu rem tersebut, dengan cara mengocok handle remnya.

Tips Untuk Anda

Apabila anda mengganti kampas rem cakram sebaiknya gunakan spare part yang orsinil, atau kualitasnya bagus. Selain itu sebelum dipasang sebaiknya kampas rem di amplas terlebih dulu, karena banyak terjadi, dimana setelah dilakukan penggantian kampas rem, rodanya menjadi seret atau susah berputar.

Baiklah sobat, demikianlah pembahasan saya pada kesempatan kali ini, mengenai cara sederhana mengganti kampas rem cakram, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

30 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Mengganti Kampas Rem Cakram"

  1. Mengganti kampas rem harus perlu bisa apalagi bagi yang punya motor. Karena jika kita bisa mengganti sendiri tentunya kan lebih menghemat biaya ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, apalagi caranya cukup mudah dilakukan, selain menghemat biaya, kita bisa juga melakukannya sendiri, jdi sedikit-sedikit punya ketrampilan

      Delete
  2. sepertinya mudah yah mas klo ngikutin cra diatas.. tp klo dipraktikin sndiri, kyaknya ngga mudah deh..hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang cukup mudah mas, kalo sudah sering melakukannya, nanti lama-lama akan terbiasa

      Delete
  3. Untuk mengganti kampas rem saya sih biasanya suka di bengkel aja nih mas, kebetulan kalau di rumah itu gx punya kunci" nya.heuheu
    makasih ilmunya mas, sepertinya mesti praktek nih biar gx lupa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, memang sering kali pemilik sepeda motor terkendala masalah kunci atau peralatan, tapi sebenarnya untuk melakukan pekerjaan ini kunci yang dibutuhkan sedikit

      Delete
    2. heu, ya juga sih. sering males nyimpen ke tempatnya klau punya kunci" itu. pdhal dlu juga prnah punya, cuma lupa :D

      Delete
    3. iya mas, kunci-kunci harus dibereskan lagi kalo hasib dipakai, biar gak lupa ataupun hilang, kalo saya biasanya sehabis dipakai kunci-kunci tersebut saya lap terlebih dahulu sekalian mengecek.

      Delete
  4. Kunci-kuncinya nggak punya mas jadi kalau mau bongkar bongkar sendiri jadi males padahal kalau liat caranya sepertinya mudah ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mudah mas, dan saya rasa tidak terlalu ribet, masih lebih sulit mengganti kampas rem tromol, tapi ya itu kendalanya sering kali adalah masalah kunci dan peralatan.

      Delete
  5. Wah... ini kalau yang sudah biasa bongkar pasang, sepertinya dikasih cara diatas tidak akan kesulitan untuk mempratekkanya...
    Sedangkan saya hanya cukup menyiamaknya... saja...

    BTW, selamat ya Mas Poniran sudah bergabung dengan Google AdSense... semoga cepat di full approve... Amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya mudah kok mas, cuma kalo belum terbiasa mungkin terasa agak ribet.

      Ini baru mendaftar aja mas, belum dapat balasan dari sono

      Delete
  6. saya g pernah ganti sendiri mas. selalu minta bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan bisa di praktekan mas, dengan mencobanya sendiri

      Delete
    2. perlu pembimbing mas biar kalo salah ada yang benerin. atao kalo males ada yang beresin heheheh

      Delete
    3. bisa juga mas minta diajarin sama orang yang sudah ahli

      Delete
    4. ia mas kali kali blajar lumayan ilmu

      Delete
    5. iya mas kalo sudah tahu nanti bisa melakukannya sendiri

      Delete
  7. Sya juga sering ganti kampas rem sendiri mas...tinggal lakukan beberpa langkah seperti yg di jelaskan di atas bla...bla...bla...jadi deh sekarang motor bisa dikendarai dgn aman karna rem kampas terganti dgn yang baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, rem adalah bagian vital dan penting dari sebuah kendaraan, untuk menjaga keamanan dan keselamatan kita berkendara, jadi kalo sudah habis kampasnya, harus segera diganti, syukur-syukur bisa melakukannya sendiri, karena dengan begitu jela lebih menghemat ongkos, dan kitapun tahu bagaimana cara melakukannya

      Delete
  8. Replies
    1. baru nyoba template bawaan blogger mang

      Delete
    2. jadi inget templete saya dulu mas. hehehe
      saya kira awalnya di blog saya :D

      Delete
    3. lagi pengen nyoba daftar adsense pakai template bawaan mas, sapa tahu bisa di terima hehehe

      Delete
  9. hal yang sering menjadi masalah adalah posisi kampas cakram tidak presisi dengan piringan membuat seret atau kampas nya sudah terlalu tipis. Kemarin saya baru saja ganti kampas cakram dan masalah ini timbul mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang hal seperti itu sering terjadi kang, dimana sehabis ganti kampas rem baru, malah jadi sert dan susah berputar, untuk mengatasinya, bisa dengan cara mngamplas kampasnya terlebih dahulu sebelum dipasang

      Delete
  10. Harus sering dicek ya gan kampas nya soaknya kalau kampas rem sudah tipis getu jadi kurang bagus buat ngerem. Tahnks ya gan atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, agar kalo kampas sudah tipis atau habis,bisa segera ketahuan

      Delete
  11. kalau saya sih belum bisa ganti sendri mas, masih menggunakan jasa yang ahli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa mas, mungkin suatu saat bisa mencobanya sendiri

      Delete