Cara Sederhana Mengatasi Ban Mobil Makan Sebelah


Ban makan sebelah atau tidak rata memang sering terjadi pada mobil, baik  itu pada mobil yang sudah lama ataupun mobil yang masih baru. Untuk mobil yang sudah lama saya kira hal seperti ini sangatlah lumrah terjadi, karena yang namanya komponen kendaraan, setelah digunakan terus-menerus dalaman jangka waktu lama pasti akan rusak dan bermasalah.

Namun jika hal seperti ini terjadi pada mobil yang masih baru, tentu kita tidak habis pikir mengapa bisa terjadi, karena bisanya komponen atau onderdil pada mobil baru, tentu masih dalam kondisi stabil dan normal. Namun kendati begitu, tetap saja banyak ban mobil baru, terutama ban roda depan dan pada mobil jenis long saksis, sering kali bannya makan sebelah dan habis secara tidak rata.


Perlu anda ketahui bahwa ban makan sebelah atau habis secara tidak merata seperti ini, merupakan sebuah kerugian bagi pengguna ataupun pemilik mobil, karena hal ini akan memperpendek umur pakai ban kendaraan anda. Coba saja anda bayangkan untuk pemakaian nomrmal ban mobil bisa bertahan paling tidak kurang lebih selama satu tahun pemakaian.

Namun dengan kondisi seperti ini ban mobil paling hanya bisa digunakan selama 6 sampai 8 bulan, bahakan ada juga yang cuma sampai 4 bulan atau 3 bulan saja. Kalo seperti ini bukankah kita sudah rugi, karena umur pakainya menjadi sangat pendek.

Biasanya ban makan sebelah atau habis secara tidak rata, pada salah satu sisinya kelihatan masih tebal, sedagkan pada sisi yang lainnya sudah tipis, bahkan kelihatan benang atau kawatnya, hal ini jika dibiarkan, maka pada bagian yang sudah tipis terlebih dulu, bisa menyebabkan ban meletus, atau akan mudah bocor.

Lalu bagaimana cara mengatasi ban mobil makan sebelah atau habis secara tidak rata ...???

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama, adalah mengecek kondisi bagian kaki-kaki pada mobil anda, untuk memastikan apakah ada masalah pada komponen-komponen yang bersangkutan, caranya dongkrak mobil anda di bagian tengah agar semua rodanya terangkat.

Langkah Kedua, Goyangkan ban ke kanan dan kekiri, ke atas dan ke bawah, apakah setelah anda menggoyangkannya ada yang oblak, bagian yang oblak seperti ball joint, tire road, dan bos saya akan membuat keselarasan roda kanan dan roda kiri berubah.

Langkah Ketiga,  Turunkan dongkraknya, kemudian lihat bagaimana posisi berdirinya ban, apakah tegak lurus atau miring, jika posisinya miring, biasanya disebabkan ball joint aus, rusak atau minta diganti dengan yang baru.

Namun jika anda baru menggantinya, hal ini bisa disebabkan karena masalah yang terjadi pada bagian sayap, misalnya stelannya kurang pas, untuk hal ini anda bisa menyetelnya, biasanya ada baut stelannya, untuk merubah dan menggeser posisi ban.

Langkah Keempat, Setelah posisi ban tegak lurus, selanjutnya adalah menyelarasakan antara ban kanan dan ban kiri, atau melakukan spooring, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, anda bisa bisa membawanya pada tukang atau bengkel ahli spooring, atau balancing, tapi anda bisa juga melakukan spooring sendiri, namun saran saya sebaiknya di bawa kebengkel.

Langkah Kelima, langkah ini sebenarnya menjadi alternatif terakhir apabila setelah dilakukan cara-cara diatas ternyata tidak berhasil, dan ban mobil anda tetap makan sebelah, kerana dari pengalaman saya banyak menjumpai ban mobil makan sebelah setelah dilakukan spooring dan sebagainya.

Caranya adalah dengan membalik ban mobil anda secara berkala, sisi yang semula diluar, dibalik menjadi di bagian dalam. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi ban makan sebelah, karena dengan di balik secara berkala, akan membuat ban menjadi rata, atau habis secara bersamaan.

Baiklah sobat demikianlah pembahasan saya pada psotingan kali ini, mengenai cara sederhana mengatasi ban mobil makan sebelah, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Mengatasi Ban Mobil Makan Sebelah"

  1. Sepertinya jalan keluar yang paling mudah... adalah spooring... :D
    Namun jika ingin berkreasi dan mencoba sendiri, bisa menggunakan cara-cara alternatif diatas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, tapi jika spooring tidak berhasil, cara terakhir adalah membalik ban secara berkala

      Delete
  2. Rugi juga ya mas kalau ban umurnya lebih cepat dari seharusnya hanya gara gara tipis sebelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, dengan makan sebelah ban mobil akan cepat habis atau pendek umur pakainya

      Delete
  3. Wah makasih ilmunya ya gan! Sangat berguna nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, makasih sudah berkunjung ke tempat saya

      Delete
  4. wawh emg rugi juga si, tp ngmong2 kalo boleh tau penyebabnya apa yah mas?? apakah karena cara pemasangannya yg krang smpurna, atau mngkin karena fktor pnggunaan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisanya kebanyakan disebabkan karena faktor penggunaan, sehingga banyak komponen kaki-kakinya yang mulai rusak, aus dan bermasalah

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Sy suka infonya bang. Mobil sy picanto 2008. Sudah dispooring masih makan dalam. Sampai2 diakali ganjal baut di pegangan shock tpi masih juga makan dalam yg pasti ada perubahan dari sebelumnya. Dan trik terakhir balik posisi ban. Hasilnya yahud... Ban bisa dipakai sampai 1 stengah tahun. Pemakaian normal bukan pemakaian travel.

    ReplyDelete
  7. Sy suka infonya bang. Mobil sy picanto 2008. Sudah dispooring masih makan dalam. Sampai2 diakali ganjal baut di pegangan shock tpi masih juga makan dalam yg pasti ada perubahan dari sebelumnya. Dan trik terakhir balik posisi ban. Hasilnya yahud... Ban bisa dipakai sampai 1 stengah tahun. Pemakaian normal bukan pemakaian travel.

    ReplyDelete