Tips Memasang Ban Dalam Pada Bekas Ban Tubles


Memasang ban dalam pada ban tubles sebenarnya sama saja seperti saat memasang ban dalam pada ban biasa, hanya saja saat kita memasang ban dalam tersebut pada bekas ban tubles perlu memperhatikan beberapa hal, agar nantinya tidak menimbulkan masalah.

Terkadang para pengguna kendaraan yang menggunakan ban tubles untuk roda kendaraannya, mengalami kejadian dimana ban tubles tersebut tidak bisa digunakan lagi seperti semula, sehingga mengharuskan menggunakan ban dalam agar dapat di pakai kembali.



Masalahnya bisa disebabkan karena banyak bagian yang bocor, sehingga tidak memungkinkan untuk ditambal, sobek pada bagian samping, atau bocor pada bekas tambalan dan lubangnya sudah terlalu besar. Saat mengalami kondisi seperti ini terkadang kita merasa sayang untuk menggantinya, jika ban tersebut kondisinya masih layak untuk digunakan, atau dikarena masalah lain misalnya kekurangan dana.

Maka dari itu pilihan untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan memberikan ban dalam agar ben tersebut bisa digunakan kembali, namun sebelum memasangnya sebaiknya lakukanlah beberapa hal berikut, agar nantinya tidak menimbulkan masalah.

Pertama-tama kita cek terlebih dahulu semua bagian ban tersebut, tujuannya untuk memastikan apakah ada benda tajam seperti paku, potongan besi, kawat atau pecahan kaca yang menempel. Selain itu juga untuk memastikan apakah ada luka, sobek atau lubang pada ban tersebut.

Jika yang kita tangani adalah ban mobil, maka sebaiknya lepaskan terlebih dahulu dari velgnya untuk mempermudah pengecekan dan penanganan. Sedangkan untuk ban sepeda motor tidak harus dilepas terlebih dahulu, namun akan lebih baik jika kita melepasnya.

Cabut dan bersihkan bersihkan jika ada benda-benda tajam yang menempel, agar benda-benda tersebut tidak mengenai ban dalamnya, ingat saat melakukannya kita harus benar-benar teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan, karena bisa menimbulkan masalah dikemudian hari.

Jika ada luka atau lubang pada ban tersebut sebaiknya diberikan alas menggunakan ban dalam bekas yang sudah tidak terpakai, agar luka atau lubang tersebut tidak mengenai ban dalamnya.

Sedangkan jika ban tersebut sobek pada bagian sampingnya, selain di berikan alas menggunakan ban dalam bekas, sebaiknya pada bagian yang sobek tersebut dijahit terlebih dahulu menggunakan jarum dan benang sepetu agar menjadi kuat dan tidak mudah jebol.

Agar kelihatan rapi, ban dalam bekas yang digunakan sebagai alas sebaiknya dipotong dengan bentuk bulat, kemudian dilem menggunakan lem aibon, castol atau lem fox agar tidak mudah lepas ataupun bergeser dari posisinya.

Langkah selanjutnya merapikan dan membersihkan bekas tambalan tubles, jika ban tersebut sudah pernah ditambal, karena bekas tambalan tersebut bisa menyebakan ban dalam menjadi bocor.

Apabila menggunakan serat karet untuk menambalnya, maka langkah yang harus kita lakukan adalah memotong tambalan tersebut menggunakan gunting, kemudian pada bekasnya potonganya diberikan alas menggunakan ban dalam bekas.

Sedangkan jika menggunakan model tembak saat menambalnya, maka langkah yang harus kita lakukan adalaah mencabut bekas tambalan tersebut, kemudian pada bekasnya juga diberikan alas menggunakan ban dalam.

Setelah bekas tambalan, luka, lubang, atau jika ban tersebut luka pada bagian sampinganya, semuanya sudah ditangani, maka tindakan selanjutnya adalah memberikan bedak bayi pada ban tersebut, baik itu pada ban luar ataupun ban dalamnya.

Langkah terakhir, pasang kembali ban tersebut pada velgnya kemudian beri angin sesuai dengan tekanan yang dianjurkan atau sesuai keninginan anda.

Baiklah sobat demikianlah tips memasang ban dalam pada bekas ban tubles, semoga informasi ini bisa bergunaan dan dapat membantu anda semuanya.


Postingan terkait:

18 Tanggapan untuk "Tips Memasang Ban Dalam Pada Bekas Ban Tubles"

  1. wah lumayan nih dapet ilmu baru, meskipun sebenarnya masih belum tahu sama yg kaya ginian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah mas, yang penting bisa untuk pengetahuan, siapa tahu suatu saat nanti bisa berguna

      Delete
    2. ngga ada gambarnya ya mas, jadi sedikit bingung saat nge lem bannya...

      Delete
    3. belum sempat ngambil gambarnya mas, sebenarnya gampang kok mas tinggal kita memotong ban dalam yang sudah tidak terpakai secukupnya kemudian diberi lem dan ditempelkan pada ban luarnya, untuk menutup luka atau lubang jika ada

      Delete
    4. bener mas, yg penting tau dasar2nya dlu yah :D

      Delete
    5. betul mas asalkan kita sudah tauh dasarnya tinggal sering melakukannya, mka lama-lama akan menjadi terampil, tapi bagi mereka yang bukan tambal ban sepeti saya bisa untuk pengetahuan.

      Delete
  2. Saya nggak pernah pake ban tubeles mas masih setia sama ban biasa.Ternyata bisa juga ya ban tubeles dipasang ban dalem

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas saya sering melakukannya kalo banya sudah gak bisa ditubles lagi

      Delete
  3. kalau di tambah ban dalam bukan bikin berat putaran rodanya mas? saya pakai ban tubles dengan di tambah cairan di dalam ban. jadi kalau ada yang bocor bisa langsung rapat lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalo cuma bocor mas, kalo kondisinya sobek atau bocornya terlalu besar maka sangat tidak memungkinkan untuk ditubles kembali, jalan satu-satunya adalah memberikan ban dalam, masalah menambah berat atau tidak sebenarnya tidak begitu berpengaruh,

      Delete
  4. Saya belum pernah pake ban tubles mas , soal mengatasi kerusakan pada ban tubles ya saya tidak tahu sama sekali, tapi mungkin suatu saat punya mtor yg pake ban tubles pas lagi ada masalah untuk mengatasinya tinggal cari artikel di blog ini aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas semoga saja nanti artikel ini bisa berguna dan bisa membawa manfaat buat mas.

      Delete
  5. bantubles bisa pake ban dalam ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bannya sudah tidak bisa di gunakanuntuk tubles lagi maka terpaksa harus menggunakan ban dalam,jikaingin ban tersebut dapat digunakan lagi

      Delete
  6. ada tips mas, menutup lubang ban tubles yang pakai ban dalam dimana besar lubangnya itu bisa melihat ban dalam bekas didalamnya. Agar ketika roda berjalan tidak kemasukan batu krikil. Kembang ban masih cukup bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung lubangnya dimana mas, kalo disamping lubang tersebut bisa dijahit terlebih dahulu menggunakan jarum dan benang sepatu, kalo lubangnya dibagian atas atau di permukaan telapak ban, bisa ditutup menggunakan ban dalam bekas, dari bagian dalamnya hingga beberapa lapis, kemudian di lem

      Delete
  7. Saya pakai ban tubeless masih baru tapi 3 hari ban mudah gembos setelah dicek gak ada yang bocorbagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalo dijelaskan disini akan sangat panjang mas, jadi nanti akan saya jawab pertanyaan dari mas singgih pada postingan saja biar lebih lengkap dan jelas

      Delete